RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA TAMBANG ANDESIT DI IUP SUSENO PLAMPANG III, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO, YOGYAKARTA

MENDROFA, YUDHA CHRISMAN (2019) RENCANA KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA TAMBANG ANDESIT DI IUP SUSENO PLAMPANG III, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO, YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN IUP Suseno merupakan usaha yang bergerak dibidang pertambangan batu andesit yang terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan agar target produksi tercapai. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kemampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menilai keserasian kerja antara alat muat dengan alat angkut. IUP Suseno memiliki target produksi sebesar 54.000 m3/bulan. Untuk mencapai target produksi, penambangan di IUP Suseno menggunakan alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H. Dari data yang ada didapatkan cycle time alat muat sebesar 19 detik dan cycle time alat angkut sebesar 769,77 detik. Dari rencana kalender kerja didapatkan faktor koreksi MA (Mechanical Availability) 83%, PA (Physical Availability) 85%, UA (Used Availability) 88%, EU (Effective Utilization) 75%. Sedangkan untuk swell factor didapatkan dari perbandingan antara densitas loose dengan densitas insitu dimana kedua data tersebut diambil dari hasil uji laboratorium yaitu sebesar 0,88, dan untuk bucket fill factor diambil dari spesifikasi alat muat yaitu sebesar 0,8. Dari hasil perhitungan didapatkan produksi alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 sebesar 27.483,3 LCM/bulan dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H sebesar 9.325,94 LCM/bulan. Dengan demikian, untuk memenuhi target produksi 54.000 m3/bulan dibutuhkan alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 sebanyak 2 unit dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H sebanyak 6 unit dengan cadangan alat muat 1 unit dan alat angkut 2 unit. Nilai keserasian (match factor)yang didapat dari kedua alat tersebut adalah sebesar 0,82.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:20
Last Modified: 06 Mar 2019 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item