PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) (Studi kasus di UD Majid Jaya Kec. Sarang, Kab. Rembang Jawa Tengah)

Pradini, Amirul Hafidz (2019) PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) (Studi kasus di UD Majid Jaya Kec. Sarang, Kab. Rembang Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

UD Majid Jaya merupakan indsutri yang bergerak di bidang pembuatan kapal nelayan berjenis purse seinse, berlokasi di Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Proses produksi yang digunakan yaitu Make to Order (MTO), adapun tahapan dalam pembuatan kapal, meliputi: pemilihan kayu, penentuan ukuran kapal dan pemotongan, pembakaran kayu, perakitan kapal, dan finishing. Kapal yang diproduksi rata-rata berukuran 10-30 GT (Gross Tone) dengan waktu penyelesaian berkisar antara 1 sampai 2 bulan yang dikerjakan 5-7 pekerja menggunakan cara tradisional. Berdasarkan hal tersebut pekerja banyak yang mengeluh kelelahan akibat lamanya pembuatan kapal dengan pekerjaan yang monoton, serta suhu pada lantai produksi mencapai 34oC dengan pencahayaan sebesar 2.858 lux yang disebabkan oleh cuaca atau kondisi luar ruangan. Penelitian yang dilakukan berdasarkan faktor permasalahan yang meliputi faktor lingkungan fisik, faktor peralatan/mesin, faktor kondisi pekerjaan, dan faktor organisasi, dengan adanya faktor permasalahan tersebut digunakan untuk mengetahui faktor kunci, didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner kepada 12 pekerja di bagian produksi. Pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan sisitem kerja kepada UD Majid Jaya terhadap permasalahan yang ada dengan menggunakan pendekatan Macroergonomic Analysis and Design (MEAD) agar dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Berdadarkan hasil dari analsisis menggunakan metode MEAD didapatkan faktor kunci kondisi pekerjaa dengan alternatif yang terpilih yaitu perbaikan kebijakan pengaturan kerja dengan menerapkan penambahan waktu istirahat pada pekerja di lantai produksi. Pengukuran denyut nadi pada pekerja menggunakan metode 10 denyut nadi kerja, didapatkan %CVL sebesar 38,14%, sedangkan konsumsi energi yang dikeluarkan waktu istirahat normal sebesar 5,5 kkal/menit. Hasil dari perhitungan tersebut didapatkan penambahan waktu istirahat sebesar 16 menit, diterapkan pada pukul 10.00-10.16 WIB sehingga total waktu istirahat pekerja sebesar 76 menit. Peningkatan produktivitas pada pengukuran dan pemotongan kayu komponen kapal dengan perbandingan sebelum penambahan waktu istirahat dihasilkan 14 potong komponen kapal dan setelah penambahan waktu istirahat dihasilkan 16 potong komponen kapal, sehingga terdapat peningkatan produktivitas pekerjaan sebesar 2 potong komponen kapal. Kata kunci: Sistem kerja, Macroergonomic Analysis and Design (MEAD), Waktu istirahat, Produktivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:31
Last Modified: 06 Mar 2019 02:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item