PENERAPAN METODE ANALISIS DIMENSI DALAM ANALISIS KESTABILAN LERENG UNTUK MEMPREDIKSI LONGSORAN LERENG PADA DAERAH TAMBANG TERBUKA MENGGUNAKAN ANIMASI 3D

Santika, Mutiara (2019) PENERAPAN METODE ANALISIS DIMENSI DALAM ANALISIS KESTABILAN LERENG UNTUK MEMPREDIKSI LONGSORAN LERENG PADA DAERAH TAMBANG TERBUKA MENGGUNAKAN ANIMASI 3D. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER UTAMA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN 2.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Tahapan dalam kegiatan perencanaan tambang diantaranya tahap persiapan penambangan, tahap operasi penambangan, dan tahap pasca operasi penambangan. Salah satu kegiatan saat operasi penambangan adalah operasi bahan galian pada lereng tambang. Kegiatan ini mempunyai tingkat risiko tinggi yang berhubungan dengan capital project (modal dan keuntungan). Masalah yang biasa terjadi adalah kesalahan perhitungan dalam menentukan faktor kestabilan lereng dan memprediksi arahan longsoran yang nantinya akan dilakukan tindakan pasca operasi penambangan. Hal seperti ini tentunya sangat tidak menguntungkan untuk para pengusaha tambang dikarenakan memerlukan modal investasi yang besar dalam pelaksanaanya, meliputi biaya pembebasan lahan, pembangunan infrastruktur dan biaya operasional termasuk biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk menanggung semuanya juga akan semakin melonjak. Solusi pada permasalahan tersebut dalam penelitian ini adalah membuat pensimulasian longsor secara 3D untuk menganalisa kestabilan lereng. Aplikasi ini memungkinkan untuk memprediksi longsoran yang akan timbul dan menyusun strategi tindakan yang akan diambil pasca longsoran. Menggunakan teknologi 3D pada engineer dapat mendapatkan gambaran longsor yang akan terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:19
Last Modified: 04 Mar 2019 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item