ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROTAN PITRIT PADA KERAJINAN TANGAN DI ANGGUN ROTAN, IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NUROCHMAH DWIARINI, R.R. FARIDA (2019) ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROTAN PITRIT PADA KERAJINAN TANGAN DI ANGGUN ROTAN, IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK RR FARIDA ND..pdf]
Preview
Text
ABSTRAK RR FARIDA ND..pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of COVER RR FARIDA ND..pdf]
Preview
Text
COVER RR FARIDA ND..pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN RR FARIDA ND..pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN RR FARIDA ND..pdf

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI RR FARIDA ND..pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI RR FARIDA ND..pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Persediaan bahan baku yang optimal dimanfaatkan untuk menjaga dalam kelancaran proses produksi. Penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis pemesanan bahan baku rotan yang optimal dengan metode EOQ di Anggun Rotan, (2) Menganalisis biaya total persediaan bahan baku rotan yang optimal di Anggun Rotan, (3) Mengetahui persediaan pengaman (safety stock) bahan baku rotan di Anggun Rotan, (4) Mengetahui reorder point bahan baku rotan di Anggun Rotan, (5) Menganalisis pengaruh jumlah pemakaian, harga bahan baku, biaya pemesanan, biaya penyimpanan dan waktu tunggu (lead time) terhadap persediaan bahan baku rotan di Anggun Rotan, dan (6) Meramalkan kebutuhan bahan baku rotan untuk bulan Juli 2018 hingga Desember 2018 yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Sumber data diperoleh dari Perusahaan Anggun Rotan, Instansi-isntansi terkait, Literature dan Internet. Teknik analisis menggunakan analisis EOQ, Total biaya persediaan, Safety stock, ROP, Analisis Regresi linier Berganda dan Metode Trend. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemesanan rotan pitrit yang optimal adalah 364,3 kg, 2) Biaya total persediaan yang optimal dengan metode EOQ adalah Rp 452.569, 3) Persediaan pengaman bahan baku rotan pitrit yaitu sebesar 36 kg, 4) Reorder point bahan baku rotan pitrit yaitu sebesar 146 kg, 5) Faktor-faktor yang mempengaruhi persediaan bahan baku rotan yaitu jumlah pemakaian, biaya pemesana dan biaya penyimpanan, 6) Peramalan trend kebutuhan bahan baku rotan pitrit untuk bulan Juli 2018 hingga Desember 2018 cenderung meningkat.
Kata kunci : EOQ, Total Biaya Persediaan, Safety Stock, ROP, dan Peramalan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: EOQ, Total Biaya Persediaan, Safety Stock, ROP, dan Peramalan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:32
Last Modified: 15 Feb 2024 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18485

Actions (login required)

View Item View Item