ANALISIS RESPON PENONTON YOUTUBE (STUDI DESKRIPTIF TINDAKAN VIEWER PASCA MENONTON REVIEW PRODUK SMARTPHONE)

Pratomo, Ariel Delya Alif (2019) ANALISIS RESPON PENONTON YOUTUBE (STUDI DESKRIPTIF TINDAKAN VIEWER PASCA MENONTON REVIEW PRODUK SMARTPHONE). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. cover.pdf]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan khalayak akan informasi membuat youtube menjadi media yang sering digunakan untuk mencari informasi serta mencari hiburan karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Konten review produk smartphone di youtube merupakan sebuah konten yang dijadikan sumber referensi untuk mencari informasi mengenai spesifikasi suatu smartphone. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetaui respon pasca melihat review produk smartphone di youtube serta untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap review produk smartphone di youtube. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti menunjukaan bahwa memang konten review produk smartphone di youtube mempengaruhi tindakan pembelian viewer. Para viewer menggunakan konten ini karena dianggap memberikan informasi yang sebenarnya selain itu konten kreator juga memposisikan diri sebagai konsumen saat memberikan review. Ketika mencari informasi viewer tidak terpaku kepada satu channel saja karena mereka menginginkan informasi yang lebih lengkap dari sudut pandang yang berbeda. Pemilihan konten review produk smartphone di youtube oleh viewer dikarenakan mereka sudah tidak begitu percaya dengan informasi yang diberikan oleh pihak yang mengeluarkan smartphone. Melalui konten ini viewer yang sudah mempunyai pilihan mapupun belum menentukan pilihan memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian setelah melihat konten tersebut.
Kata Kunci : review produk smartphone, youtube, respon, sumber informasi yang terpercaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:14
Last Modified: 08 Sep 2023 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item