PEMODELAN STEAM UP FLOW GUNUNG MERAPI BERDASARKAN KORELASI INVERSI 2D DATA GRAVITASI DAN SUHU MENGGUNAKAN TEKNIK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Fadhil, Fadhil (2019) PEMODELAN STEAM UP FLOW GUNUNG MERAPI BERDASARKAN KORELASI INVERSI 2D DATA GRAVITASI DAN SUHU MENGGUNAKAN TEKNIK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Gunung Merapi memiliki 2 ruang magma, namun terdapat perbedaan kedalaman magma. Setidaknya, ada 2 penelitian yang menunjukkan kedalaman ruang magma yaitu 500 m dan kedalaman 3,2 km serta kedalaman 1,5 dan 8,7 km. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkirakan ruang magma berdasarkan korelasi pemodelan terbalik dan distribusi suhu dalam model steam up flow. Korelasi metode gravitasi dan suhu dilakukan untuk menentukan keberadaan ruang magma dan konsentrasi cairan di daerah Gunung Merapi. Pemodelan inversi gravitasi 2D digunakan untuk memperoleh distribusi densitas bawah permukaan. Sedangkan pemodelan numerik dilakukan untuk mendapatkan distribusi suhu di bawah permukaan. Pemodelan teknik Computational Fluid Dynamics (CFD) dilakukan untuk menampilkan model steam up flow dari gunung merapi. Dari hasil estimasi, korelasi tertinggi adalah di puncak Gunung Merapi dengan nilai korelasi 0,8. Lokasi magma diidentifikasi pada kedalaman 4 km dengan suhu mencapai 350 - 450oC. Pada kedalaman 0.5 - 1 km itu diidentifikasikan sebagai zona up flow dengan distribusi suhu 50 - 170oC. Hasil simulasi distribusi suhu dari Mei hingga September 2017 menunjukkan perubahan kecil dalam distribusi suhu. Perubahan suhu terjadi pada bulan Mei hingga Juni yang meningkat sebesar 0,001oC. Terdapat kesesuaian hasil antara shallow ground temperature anomaly dan model up flow. Zona up flow di wilayah puncak terletak di ketinggian yang sama seperti yang diamati shallow ground temperature anomaly. Kata kunci : Gravity, Inversi, up flow, Computational Fluid Dinamics

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:21
Last Modified: 12 Feb 2019 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item