PERUBAHAN INTERAKSIONAL DAN KULTURAL ANGGOTA KELOMPOK TANI MARGOMULYO PADA PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI KOPI (Studi Kasus di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo)

AMBARWATI, AINI (2019) PERUBAHAN INTERAKSIONAL DAN KULTURAL ANGGOTA KELOMPOK TANI MARGOMULYO PADA PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI KOPI (Studi Kasus di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(1)COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan 1.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) ABSTRAK rev.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Mengkaji proses perubahan interaksional dan kultural Anggota Kelompok Tani Margomulyo, (2) Mengkaji bentuk perubahan interaksional dan kultural Anggota Kelompok Tani Margomulyo pada Pengembangan Wisata Edukasi Kopi, (3) Mengkaji program yang meyebabkan perubahan interaksional dan kultural anggota kelompok tani Margomulyo, (4) Mengkaji kondisi internal dan eksternal yang mendorong perubahan interaksional dan kultural anggota kelompok tani Margomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan penentuan informan secara purposive sampling yaitu ketua, sekretaris, dan dua anggota kelompok tani Margomulyo, ketua bidang pemberdayaan masyarakat Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, serta ketua bidang perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perubahan interaksi mengarah pada perubahan asosiatif dan perubahan kultural melalui proses akulturasi dan adaptasi (2) Bentuk perubahan interaksional mengacu pada perubahan hubungan sosial dalam masyarakat sedangkan perubahan kultural mengacu pada tujuh unsur kebudayaan secara universal. (3) Program pendukung perubahan interaksional dan kultural anggota kelompok tani adalah Pengembangan Wisata Edukasi Kopi (4) Kondisi internal yang mendorong perubahan interaksional dan kultural berasal dari potensi lokal daerah dan kelompok tani Margomulyo sedangkan kondisi eksternal berasal dari dukungan pihak luar seperti dinas dan stakeholder Kata Kunci: Perubahan interaksional, perubahan kultural, kelompok tani Margomulyo, wisata edukasi kopi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:59
Last Modified: 07 Feb 2019 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item