PERUBAHAN KULTURAL MASYARAKAT DESA WISATA (STUDI KASUS DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH)

Maretha, Nova (2018) PERUBAHAN KULTURAL MASYARAKAT DESA WISATA (STUDI KASUS DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi terjadinya perubahan kultural masyarakat Desa Wisata Ponggok, (2) Mengkaji proses perubahan kultural masyarakat Desa Wisata Ponggok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan informan secara purposive yaitu sekretaris desa Ponggok, sekretaris BUMDes, dan warga desa Ponggok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangakan untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perubahan kultural dalam tujuh unsur kebudayaan secara universal yaitu wisatawan membawa masuk budaya baru ke dalam budaya sosial masyarakat dari segi bahasa, sistem pengetahuan, sistem peralatan, mata pencaharian, kegiatan organisasi dan kesenian. (2) Proses perubahan kultural melalui proses akulturasi, asimilasi, adaptasi ekologi budaya dan asosiatif. Kata kunci: perubahan kultural, proses, desa wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:30
Last Modified: 06 Feb 2019 07:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item