USULAN PERBAIKAN GUNA MENGURANGI WASTE DOMINAN PADA PROSES PRODUKSI GIBOULT JOINT DENGAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi kasus di PT Aneka Adhilogam Karya)

Ramdani, Hari (2018) USULAN PERBAIKAN GUNA MENGURANGI WASTE DOMINAN PADA PROSES PRODUKSI GIBOULT JOINT DENGAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi kasus di PT Aneka Adhilogam Karya). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Aneka Adhilogam Karya adalah perusahan industri manufaktur yang bergerak di bidang pengecoran logam. Produk yang dihasilkan antara lain, Man Hole, Clamp Saddle, Flange Spigot, Bend All Socket, Flange Adaptor, Reduce All Flange, Giboult Joint, Tee All Flange. Permasalahan yang dihadapi adalah terdapatnya pemborosan (waste) seperti tingginya jumlah cacat produk (defect) yang menyebabkan produk harus dilebur dan dikerjakan ulang kembali serta banyaknya aktivitas – aktivitas yang tidak bernilai tambah (process) dan gerakan pekerja yang tidak efektif (motion) karena rasa lelah mengakibatkan aktivitas produksi terhambat dan tingkat produktivitas perusahaan menurun. Pendekatan yang dilakukan untuk mengurangi pemborosan – pemborosan yang terjadi adalah pendekatan Lean Six Sigma yang merupakan sinergi dari Lean dan Six Sigma. Lean manufacturing bertujuan menganalisa dan mengidentifikasi waste dalam sistem dengan tools Waste Assessment Model dan Value Stream Mapping. Kemudian waste tersebut diminimasi dengan menggunakan tahapan Six Sigma yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control (DMAIC). Perbaikan yang dirancang untuk mengurangi waste defect adalah dengan kontrol material dan pengawasan kinerja operator. Setelah usulan perbaikan diterapkan, terjadi kenaikan nilai sigma dari 3,92 menjadi 4,03. Perbaikan untuk waste motion adalah dengan perbaikan postur dan alat bantu yang dapat mengurangi tingkat resiko cidera dari sangat tinggi menjadi sedang. Perbaikan untuk waste process adalah mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah yang menyebabkan naiknya Process Cycle Efficency dari 26% menjadi 37%, dan menurunnya Lead Time produksi dari 385,29 menit menjadi 268,33 menit. Kata kunci : Lean Six Sigma, Waste Assessment Model, Value Stream Mapping, DMAIC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:05
Last Modified: 06 Feb 2019 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item