PENGENDALIAN PERSEDIAAN SOL SEPATU UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE SILVER MEAL (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Sleman, Yogyakarta)

Falikhin, Fajrul (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN SOL SEPATU UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE SILVER MEAL (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Mandiri Jogja Internasional merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri kreatif dengan produk tas, sepatu dan craft. Perusahaan ini terletak di desa Klodangan, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Saat ini penentuan persediaan sol oleh perusahaan masih berdasarkan perkiraan (intuisi), sehingga dihadapkan pada permasalahan kekurangan persediaan sol karena penggunaan sol yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan mengendalikan persediaan sol sepatu untuk meminimalkan biaya persediaan. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan agregasi dan disagregasi sehingga dapat menentukan pola data permintaan sol flat, wedges dan sol jadi pria yang diramalkan untuk satu tahun kedepan (januari – Desember 2019). Hasil peramalan tersebut digunakan untuk menghitung jumlah pemesanan yang optimal dan waktu pemesanan yang tepat menggunakan metode Silver Meal, sehingga mendapatkan biaya persediaan minimal. Pada penelitian ini juga dilakukan perhitungan safety stock dan reorder point untuk menjaga kelancaran proses produksi agar tidak kekurangan sol. Dari hasil pengolahan data dan analisis menggunakan metode Silver Meal, dalam mengendalikan persediaan sol sepatu menghasilkan total biaya persediaan sol sebesar Rp128,327,846 yang lebih kecil daripada total biaya persediaan yang diterapkan oleh perusahaan sebesar Rp163,369,250. Pernghematan biaya persediaan sebesar Rp35,041,404,- dengan presentase penurunan sebesar 21 %. Kata Kunci:Peramalan, Silver Meal, Biaya minimal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:53
Last Modified: 01 Feb 2019 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item