CAHYONO, FEBRI (2014) ESTIMASI NILAI KEEKONOMIAN TAMBANG PADA PENAMBANGAN BATUBARA SITE MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN PERIODE 2014-2018. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ringkasan.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, adalah Badan Usaha Milik Negara yang
bergerak di bidang pertambangan batubara. Dalam usaha pertambangannya
PT.Bukit Asam (Persero) Tbk, ini berlokasi di Kabupaten Muara Enim dan
Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. PT. Bukit Asam (Persero) Tbk,
mempunyai beberapa lokasi penambangan, yaitu : TAL (Tambang Air Laya),
Banko Barat, Banko Timur, MTBS (Muara Tiga Besar Selatan), dan MTBU
(Muara Tiga Besar Utara).
Lokasi penelitian berada di wilayah Muara Tiga Besar Utara. Rencana
produksi pada site Muara Tiga Besar Utara untuk periode 2014-2018 sebesar
22.500.000 ton dengan kalori rata-rata (adb) 5322,04 kkal/kg, yang mana bila
dijual sesuai dengan harga patokan batubara marker bulan februari 2014 benilai $
57,18 /ton atau Rp.599.718,15 per ton.
Pasar domestik batubara PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, saat ini adalah
PLTU Suralaya. Pengangkutan batubara dari tempat penyimpanan diangkut
dengan kereta api ke Pelabuhan Tarahan di Lampung. Pelabuhan Tarahan berjarak
410 km dari Tanjung Enim. Jarak pengangkutan yang jauh menyebabkan biaya
pengangkutan kereta api yang besar yaitu Rp. 146.700 per ton batubara. Oleh
karena itu peneliti membuat strategi simulasi pemasaran untuk penambangan site
Muara Tiga Besar Utara dengan konsumen batubara di sekitar mulut tambang.
Bedasarkan hasil penelitian setelah dilakukan strategi simulasi pemasaran didapat
hasil untuk skenario 1 NPV sebesar Rp. 1.613.195.026.102, DCFROR sebesar
59%, dan PBP selama 1,59 tahun. Skenario 2 NPV sebesar Rp. 2.208.165.990.950,
DCFROR sebesar 72%, dan PBP selama 1,33 tahun. Skenario 3 NPV sebesar Rp.
3.001.458.858.160, DCFROR sebesar 90%, dan PBP selama 1,1 tahun. Dari
ketiga strategi simulasi pemasaran yang dilakukan, maka diperoleh penjualan
yang paling optimal pada simulasi pemasaran skenario 3.
KATA PENGANTAR
iii
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 20 May 2016 02:28 |
Last Modified: | 20 May 2016 02:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |