APLIKASI PENENTUAN KUALITAS SAPI PERAH MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) (Studi Kasus Produksi Pangan Akademi Militer Magelang )

Karunia, Shinta Dewi (2019) APLIKASI PENENTUAN KUALITAS SAPI PERAH MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) (Studi Kasus Produksi Pangan Akademi Militer Magelang ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of DEWI-SHINTA-KARUNIA-123140161.pdf] Text
DEWI-SHINTA-KARUNIA-123140161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Produksi Pangan Akademi Militer (Propang Akmil) merupakan pengembangan dari bagian veteriner kesehatan akabri udarat. Salah satu tugas dan fungsi Propang Akmil adalah merencanakan program untuk memproduksi bahan pangan dalam rangka meningkatkan gizi taruna, siswa dan warga Akmil. Propang Akmil menghasilkan bahan pangan seperti susu dan tahu. Susu Propang Akmil dihasilkan dari ternak sapi perah yang terdapat di Propang Akmil. Saat ini terjadi penurunan hasil produksi susu di Propang Akmil, produksi susu yang dihasilkan 10 tahun terakhir (2007-2018) hanya mencapai 900 liter per hari, Selain masalah penurunan hasil produksi susu terdapat masalah lain yang terdapat di propang akmil yaitu sapi yang tidak produksi selalu dipelihara terus menerus.
Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ( MOORA) juga dikenal sebagai multi kriteria atau multi atribut optimization. Metode MOORA bisa diaplikasikan dalam beberapa bidang seperti bidang manajemen, bangunan, kontraktor, desain jalan, dan ekonomi. Metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif. Metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik karena dapat menentukan tujuan dari kriteria yang bertentangan. dimana kriteria dapat bernilai menguntungkan (benefit) atau yang tidak menguntungkan (cost). Langkah metode MOORA dimulai dari mengurai data sapi menjadi matriks keputusan, langkah selanjutnya proses normalisasi dan proses optimasi. Langkah terakhir metode MOORA adalah proses penentuan ranking.
Hasil dari penelitian yaitu menghasilkan aplikasi penentuan kualitas sapi perah dengan menggunakan metode MOORA. Kriteria yang digunakan adalah berat, umur, produktifitas dan pakan. Aplikasi ini mampu menentukan peringkat sapi perah yang selanjutnya dapat melihat kualitas sapi perah.
Kata kunci: Sapi perah, metode MOORA, Bahasa pemrograman php.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Jan 2019 03:09
Last Modified: 14 Jul 2023 03:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item