Analisis dan Integrasi Data Log, Data Scal, Data Core, Data Uji Sumur, serta Data Produksi Untuk Mengetahui Harga Cut-Off Petrofisika dan Kontak Minyak-Air Lapangan Kejora ( Cekungan Jawa Timur Utara)

Bambang Triwibowo, BTW (2015) Analisis dan Integrasi Data Log, Data Scal, Data Core, Data Uji Sumur, serta Data Produksi Untuk Mengetahui Harga Cut-Off Petrofisika dan Kontak Minyak-Air Lapangan Kejora ( Cekungan Jawa Timur Utara). Jurnal Ilmu Kebumian Teknologi Mineral, 27 (1). pp. 21-26. ISSN 0854-2554

[img]
Preview
Text
1. Jurnal Ilmu Kebumian Tek Mineral 2015 - Vol.27 No.1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lapangan Minyak Kejora terletak sekitar 20 kilometer sebelah timur-laut dari Cepu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Lapangan Kejora merupakan lapangan tua, ditemukan pada tahun 1898 oleb Royal Dutch Sfle/1,dan telah menghasilkan minyak lebih dari 100 MMSTB. Dari data yang ada, masih tersisa minyak sekitar 18 MMSTB. Ini menyiratkan bahwa status lapangan masih menjanjikan untuk dikembangkan. Analisis petrofisika lanjutan pada lapangan dengan kategori brown field ini dibutuhkan, untuk mengkonfirmasi kebenaran angka cadangan. Analisis kualitatif dan kuantitatif petrofisika, dilakukan dengan menggunakan data yang tersedia untuk Lapangan Kejora. lnterpretasi kualitatif dan kuantitatif log dilakukan dengan integrasi antara data log, data special core analysis (SCAL), core, data tes sumur, serta data produksi ya ng tersedia dan lengkap (KJ P-0 l dan KJ P-04). Eku iva lensi modeling petrofisik yang dijumpai pada pada sumur lama (KJ P-Ol dan KJ P-04), diterapkan pada sumur baru (tahun 2013) yakni sumur KJ P-25 dan KJ P-26. Determinasi parameter petrofisika seperti harga cut-off porositas (¢), volume shale (Vsh), dan saturasi air (Sw) dari suatu sumur atau lapangan minyak/gas bumi perlu ditentukan, untuk mengetahui besarnya netpay (h). Besaran " h" ini nantinya digunakan sebagai salah satu faktor penting untuk perhitungan cadangan hidrokarbon. Analisis cut-off dilakukan pada sumur KJ P-25 dan KJ P-26, Lapangan Kejora dengan basil dari analisi s cut-off ¢, Vsh, dan Sw berturut-turut adalah 0.125, 0.38, dan 0.67. Konta k minyak-air di Lapangan Kejora didefmisikan sebagai minyak terendah yang dapat dikenali (Lowest Known Oii/LKO), yang ditentukan berdasarkan data uji pada sumur terluar di tepi perangkap Lapangan Kejora. Terdapat 6 wilayah yang dibatasi oleh sesar pada lapangan i ni, sehingga diperoleh 6 harga nilai LKO, sedangkan untuk resevoar N, 0, P, PI LKO ditentukan berdasarkan sumur KJ P-25 dan KJ P-26.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Oktavia Dewi Alfiani
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:06
Last Modified: 23 Jan 2019 07:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item