ANALISIS RASIO UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Pupuk CV. Bintang Timur tahun 2013 – 2017)

Fatimatuzzuhroh, Isnaini (2018) ANALISIS RASIO UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Pupuk CV. Bintang Timur tahun 2013 – 2017). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Isnaini Fatimatuzzuhroh, Nomor Induk Mahasiswa 152140109, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembang-unan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis Rasio untuk Me-nilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pupuk CV. Bintang Timur tahun 2013-2017)”, 2018. Pembimbing Dr. Sadeli, M.Si dan Drs. Indro Herry Mulyanto, M.Si. Judul penelitian ini adalah analisis rasio untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Adapun masalah yang diangkat bagaimana penggunaan atau menga-nalisis kinerja keuangan perusahaan ditinjau dari tingkat rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas sebagai alat untuk mengetahui keadaan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan dilihat dari rasio keuangannya. Lokasi penelitian dilaksanakan pada CV. Bintang Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan perbandingan kinerja keuangan perusahaan yang diukur melalui analisis rasio keuangan, terdiri dari: rasio likuiditas (rasio lancar, rasio cepat), rasio aktivitas (perputaran total aktiva, perputaran aktiva tetap, periode penagihan piutang, perputaran persediaan), rasio solvabilitas (total hutang atas total aset, total hutang atas modal) dan rasio profitabilitas (marjin laba bersih, ROA, ROE). Obyek penelitian adalah perusahaan CV. Bintang Timur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dan komparatif. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah anlisis deskriptif dan komparatif dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan analisis trend. Berdasarkan hasil analisis kinerja keuangan CV. Bintang Timur selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2017, dengan menggunakan analisis rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Secara keseluruhan kondisi keuangan perusahaan berdasarkan penggunaan kinerja keuangan untuk lima tahun terakhir mengalami fluktuasi (naik-turun). Dari kelima tahun tersebut, penggunaan kinerja keuangannya dapat dikatakan cukup baik, walaupun terdapat beberapa rasio yang kurang baik dan terdapat beberapa rasio yang masih dapat ditingkatkan lagi. Sedangkan pada anlisis trend Secara keseluruhan perbandingan penilaian kinerja keuangan CV. Bintang Timur jika dibandingkan selama 5 tahun terakhir yaitu tahun 2013 sampai dengan 2017 berdasarkan analisis trend dengan tahun dasar 2013 mengalami fluktuasi (naik-turun). Kata Kunci: Laporan Keuangan CV. Bintang Timur, Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jan 2019 07:37
Last Modified: 22 Jan 2019 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item