ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM (Studi pada Perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)

Handayani, Devy (2018) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM (Studi pada Perusahaan Sektor Batu Bara yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2017). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Devy Handayani, Nomor Induk Mahasiswa 152140009, Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Metode Du Pont System Studi kasus pada perusahaan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Dosen Pembimbing I: Sadeli dan Dosen Pembimbing II: Hastho Joko Nur Utomo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan batu bara yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017 dengan penerapan metode Du Pont System. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 20132017. Sampel yang digunakan 18 perusahaan batu bara yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, berupa laporan keuangan pada perusahaan sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Teknik analisis data menggunakan perhitungan Du Pont System. Variabel yang digunakan dalam perhitungan Du Pont System yaitu Total Assets Turnover, Net Profit Margin, Return On Investment. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan Du Pont System dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan batu bara yang terdaftar di BEI selama lima tahun bahwa fluktuasi pada tingkat pengembalian investasi atau ROI dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor penyusun ROI itu sendiri yaitu perputaran aktiva dan margin laba bersih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Mitrabara Adiperdana Tbk, PT. Tambang Batu bara Bukit Asam (Persero) Tbk, PT. Indo Tambangraya Megah Tbk, PT. Baramulti Suksessarana Tbk, PT. Golden Energy Mines Tbk. PT. Adaro Energy Tbk dan PT. Samindo Resources Tbk mampu menghasilkan ROI (Du Pont System) diatas rata-rata industri selama periode penelitian. Perusahaan yang menghasilkan ROI (Du Pont System) tertinggi dan berada diatas rata-rata industri batu bara selama periode penelitian adalah PT. Mitrabara Adiperdana Tbk. Berdasarkan hasil penelitian ini perusahaan yang Return On Investment (Du Pont) nya berada dibawah rata-rata industri, kedepannya diharapkan dapat menaikkan penjualan dan perputaran total aktivanya sehingga dapat memperoleh pengembalian total aktiva semakin tinggi. Kata kunci : Total Assets Turnover, Net Profit Margin, Return On Investment

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:14
Last Modified: 21 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item