ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D DI IUP CV. GUNUNG BATU CAHAYA, KABUPATEN KULON PROGO D.I. YOGYAKARTA

KUSUMAH, YUDI WIRANATA (2019) ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D DI IUP CV. GUNUNG BATU CAHAYA, KABUPATEN KULON PROGO D.I. YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Ringkasan.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN CV. Gunung Batu Cahaya terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Potensi andesit yang ada pada daerah tersebut ingin dimanfaatkan oleh CV. Gunung Batu Cahaya dengan cara membuka tambang. Ketiadaan data pendukung yang menyatakan sebaran dan sumberdaya andesit pada lokasi CV. Gunung Batu Cahaya mendorong dilakukannya eksplorasi. Kegiatan eksplorasi dilaksanakan dengan melakukan pengukuran geolistirik resistivitas 2 dimensi menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger sebanyak 8 lintasan, yang mencakup 50% dari luas daerah penelitian. Penampang keadaan bawah permukaan dari hasil pengukuran resisitivitas 2 dimensi digabungkan untuk dibuat permodelan 3 dimensi. Permodelan 3 dimensi digunakan untuk melakukan estimasi sumberdaya andesit yang ada pada lokasi penelitian. Permodelan dilakukan dengan mengasumsikan setiap titik pengukuran geolistrik menjadi suatu blok. Dasar perhitungan metode blok menggunakan Inverse Distance Squared yang menganggap nilai seperjarak dari suatu titik berpengaruh terhadap titik yang diestimasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, potensi andesit terdapat pada setiap lintasan pengukuran dengan nilai resistivitas minimal 2000 Ωm. Estimasi sumberdaya andesit berdasarkan data geolistrik hasil permodelan 3 dimensi dengan program Geosoft Oasis Montaj menghasilkan perhitungan volume sebesar 1.539.000 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:51
Last Modified: 18 Jan 2019 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18048

Actions (login required)

View Item View Item