GEOLOGI DAN POLA PENYEBARAN SEAM BATUBARA BERDASARKAN LOBANG BOR PADA TAMBANG TERBUKA KECAMATAN LAUNG TUHUP, KABUPATEN MURUNG RAYA, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

EKAWIJAYA, ELFRIANDHI (2019) GEOLOGI DAN POLA PENYEBARAN SEAM BATUBARA BERDASARKAN LOBANG BOR PADA TAMBANG TERBUKA KECAMATAN LAUNG TUHUP, KABUPATEN MURUNG RAYA, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahaan.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Lokasi penambangan batubara PT. Marunda Grahamineral terletak di Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Secara astronomis terletak pada 113˚20’-115 ˚55’ BT dan 0 ˚53’48 LS-0 ˚46’06’’LU. Tujuan dari penelitian ini agar mahasiswa dapat menjelaskan kondisi geologi, serta mengetahui stratigrafi daerah telitian berdasarkan data-data yang akan diteliti pada lobang bor tersebut, sehingga menghasilkan informasi mengenai kualitas dan persebaran batubara, serta mengetahui data variasi litologi dan lingkungan pengendapan, pada lokasi tambang terbuka PT. Marunda Grahamineral. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data hasil lapangan dan data wireline log, analisa petrografi, reflektan batubara, maseral. Geomorfologi daerah telitian dibagi menjadi dua satuan bentukan asal yang terbagi lagi menjadi lima subsatuan bentuk lahan yaitu Satuan bentuklahan jalan hauling (A1), Satuan bentuklahan sump (A2), Satuan bentuklahan bukit disposal (A3), Satuan bentuklahan pit (A4), Satuan bentuklahan instrusi (V1). Satuan batuan di daerah penelitian dibagi menjadi 3 satuan, secara berurut dari tua ke muda dibagi menjadi Satuan batulempung Batuayau, Satuan batupasir Batuayau, Instrusi Vulkanik. Hasil yang didapatkan setelah melakukan analisis maseral batubara untuk menentukan lingkungan pengendapan didapatkan hasil, seam 4 dan 3 yaitu wet forest swamp atau bagian middle delta plain dan semakin ke seam 2 dan 1 yaitu coal deposite in upper delta plaint. Pola sebaran dan kemenerusan lapisan batubara dilkasi penelitian, dan regional dikendalikan oleh sedimentasi dan tektonik. Kata Kunci : Wireline log, Variasi litologi, Lingkungan pengendapan, Pola sebaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:27
Last Modified: 18 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item