PERENCANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN PT. CAKRAWALA SEMESTA PERKASA, KABUPATEN PEMALANG, PROVINSI JAWA TENGAH

FIKRI, YUDITIRA MUHAMMAD (2019) PERENCANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN PT. CAKRAWALA SEMESTA PERKASA, KABUPATEN PEMALANG, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. Cakrawala Semesta Perkasa yang berlokasi di Desa Pedagung, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. PT. Cakrawala Semesta Perkasa merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang pertambangan yang mengelola sumber daya alam berupa batu andesit, pasir batu (sirtu) dan tanah urug. Perencanaan program serta manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan kondisi kerja yang aman dengan meniadakan atau menekan seminimal mungkin risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Diperlukan identifikasi potensi bahaya serta analisis terhadap risiko yang ada. Setelah itu dilakukan penilaian tingkat risiko pada setiap langkah kerja yang terdapat pada PT. Cakrawala Semesta Perkasa. Penilaian tingkat risiko yang dilakukan didasarkan pada SNI/ISO IEC 31010:2016 dengan menggunakan metode semi-kuantitatif. Dalam penilaian risiko didapatkan langkah kerja yang memiliki tingkat bahaya tertinggi yaitu pada pengoperasian backhoe yang berpotensi tertimbun longsoran. Dari hasil penilaian risiko, perlu dibuat program-program Keselamatan dan Kesehatan Kerja berdasarkan undang–undang yang berlaku untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan, seperti pembuatan Standard Operating Procedure (SOP), melakukan safety talk, safety committee, menyediakan peralatan dan perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, melakukan pengawasan serta membentuk departemen Safety, Health and Environment (SHE). Sebagai bentuk komitmen dari PT. Cakrawala Semesta Perkasa dalam menciptakan kondisi kerja yang aman, maka diperlukan sistem manajemen yang sistematis meliputi perencanaan, pembuatan kebijakan, pelaksanakan kebijakan, pemeriksaan dan perbaikan, serta pengkajian ulang manajemen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:03
Last Modified: 18 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item