PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEKERASAN PADA PRODUK TEGEL GERABAH MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Sentra Kerajinan Gerabah Supangat, di Kasongan)

Prisilya, Agnes Virna (2018) PENENTUAN KOMBINASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEKERASAN PADA PRODUK TEGEL GERABAH MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Sentra Kerajinan Gerabah Supangat, di Kasongan). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan foto-converted.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Sentra Kerajinan Gerabah Supangat merupakan indutrsi manufaktur yang menghasilkan kerajinan berbahan tanah liat, salah satunya tegel gerabah. Selama proses produksi, perusahaan masih menemukan produk cacat yang menyebabkan produk tidak memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kekerasan tegel gerabah serta menentukan kombinasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kekerasan produk tegel gerabah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Taguchi dengan sampel yang diambil sebanyak 4 faktor dan 3 level. Obyek pengamatan yang diteliti adalah tegel gerabah. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tanah merah : tanah kuning sebanyak 800 : 500 gram, 900 : 400 gram, dan 1000 : 300 gram, air sebanyak 400 ml, 450 ml, dan 500 ml, pasir kuarsa 150 gram, 200 gram, dan 250 gram, dan lama pembakaran 6 jam, 8 jam, dan 10 jam. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kombinasi faktorfaktor optimal yang didapat untuk satu kali produksi tegel gerabah adalah faktor A level 2 yaitu tanah merah : tanah kuning sebanyak 900 gram : 400 gram, faktor B level 3 yaitu air sebanyak 500 ml, faktor C level 1 yaitu pasir kuarsa sebanyak 150 gram dan faktor D level 3 yaitu lama pembakaran selama 10 jam untuk membentuk tegel gerabah yang optimal. Kata kunci: Taguchi, tegel gerabah, kekerasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2019 02:09
Last Modified: 18 Jan 2019 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item