PERENCANAAN TEKNIS REKLAMASI PASCATAMBANG PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING KALKARENIT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN NGRUNGGO, DESA GETAS, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Anugrahno, Eka (2018) PERENCANAAN TEKNIS REKLAMASI PASCATAMBANG PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING KALKARENIT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN NGRUNGGO, DESA GETAS, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penambangan batugamping kalkarenit termasuk dalam wilayah pertambangan rakyat di Dusun Ngrunggo, Desa Getas, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dapat menyebabkan perubahan fungsi lahan, bentang lahan dan kualitas lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan yang terjadi akibat penambangan rakyat yang sudah berlangsung dan dapat menentukan arahan pengelolaan yang berwawasan lingkungan pada lahan pasca penambangan. Metode yang digunakan yaitu metode survey, pemetaan, uji laboratorium (pH, C org, N total, K tersedia), pengharkatan dan wawancara dengan pemilik tambang dan pekerja tambang. Pada pengambilan sampel tanah digunakan metode purposive sampling dengan acuan peta dan pengamatan lapangan. Metode pada saat analisis data yaitu metode pengharkatan untuk mengetahui tingkat kerusakan tiap parameter. Parameter kerusakan lingkungan mengacu pada Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 63 rahun 2003 Tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C Di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Menggunakan parameter Tinggi dinding galian, relif dasar galian, kondisi jalan, batas tepi galian dengan bangunan, kemiringan dinding galian, penutup lahan oleh vegetasi. Hasil penelitian menujukkan tingkat kerusakan lingkungan tiap parameter yang digunakan menunjukan baik, rusak sedang dan rusak buruk. Arahan pengelolaan membuat terrassering dengan jenjang 4 m dan tinggi dinding 2 m,serta jenjang 2 m dan tinggi dinding 2 m. Tanaman yang digunakan untuk revegetasi yaitu pohon jati dan tanaman musiman kacang tanah. Kata kunci: pertambangan, reklamasi, tingkat kerusakan lingkungan, revegetasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:59
Last Modified: 16 Jan 2019 07:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18001

Actions (login required)

View Item View Item