KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT HD 785-7 PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT 3000 BLOK 9 TIMUR PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE BHARINTO EKATAMA BIANGAN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

FIRMANSYAH, MOCHAMAD IMAM KERRY (2018) KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT HD 785-7 PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT 3000 BLOK 9 TIMUR PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE BHARINTO EKATAMA BIANGAN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Pamapersada Nusantara merupakan salah satu kontraktor penambangan batubara yang dipercaya oleh PT. Bharinto Ekatama, selaku pemegang Perjanjian Karya Perusahaan Pertambangan Batubara atau PKP2B di Kab. Kutai Barat, Prov. Kalimantan Timur. Pada pengupasan lapisan penutup, salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah pengangkutan lapisan tanah penutup oleh alat angkut dari loading point menuju disposal. Masalah yang dihadapi saat ini ialah mengurangi rasio bahan bakar berlebih pada pengupasan lapisan penutup pada alat angkut Komatsu HD 785-7 pada loading point Pit Blok 9 Timur. Jarak pengangkutan menuju disposal ialah sekitar 600 m. Hal yang berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah beban kerja alat, geometri, kondisi jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan lapisan penutup menuju disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, masih terdapat satu segmen jalan angkut dengan kemiringan yang melebihi standar perusahaan yaitu 8%, kondisi jalan angkut banyak yang rusak dengan amblasan roda lebih dari 5 cm (medium severity). Metode evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis pengaruh kondisi jalan angkut terhadap meningkatnya rasio bahan bakar alat angkut. Untuk Komatsu HD 785-7, setiap penambahan 1% grade keadaan menanjak menambah konsumsi bahan bakar sebesar 0,77 L/km keadaan bermuatan sedangkan pada setiap penambahan 1% grade keadaan menurun akan mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 0,15 L/km keadaan kosong. Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Komatsu HD 785- 7 ialah 64,78 L/jam dan 160,06 BCM/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat ini ialah 0,40 L/BCM. Konsumsi bahan bakar alat angkut Komatsu HD 785-7 berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 63,58 L/jam dan produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 185,73 BCM/jam, sedangkan untuk produksi berdasarkan perhitungan rimpull alat angkut adalah 204,09 BCM/jam. Setelah dilakukan perbaikan kondisi jalan angkut pada medium severity atau amblasan roda tidak lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut dan kemiringan jalan angkut disesuaikan dengan standar perusahaan yaitu ≤8%, sehingga bahan bakar dan produksi alat angkut Komatsu HD 785-7 adalah 62,37 L/jam dan 213,4 BCM/jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:55
Last Modified: 16 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17999

Actions (login required)

View Item View Item