EFEKTIVITAS PEMBERIAN ZAT PENGATUR TUMBUH GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT CERI (Lycopersicon esculentum var. cerasiforme) PADA BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT

Febrianto, Mochammad (2018) EFEKTIVITAS PEMBERIAN ZAT PENGATUR TUMBUH GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT CERI (Lycopersicon esculentum var. cerasiforme) PADA BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Tomat Ceri (Lycopersicon esculentum var. cerasifome), merupakan produk hortikultura yang mudah diperoleh di Indonesia. Tomat ceri merupakan salah satu jenis tomat yang lebih banyak dibudidayakan dengan sistem hidroponik substrat di greenhouse karena mempunyai keuntungan yaitu hama dan penyakit tanaman dapat dikendalikan. Pembudidayaan tomat ceri secara hidroponik substrat ini harus memiliki keahlian khusus dan membutuhkan investasi yang sangat besar, untuk mengimbangi modal usaha yang cukup besar usaha budidaya tomat ceri secara hidroponik substrat perlu meningkatkan hasil panen tomat ceri tersebut. Upaya peningkatan produksi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pembentukan bakal buah. Peningkatan pembentukan buah dapat dibantu dengaan bantuan pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Giberellin merupakan zat pengatur tumbuh mempunyai fungsi menginisiasi pembungaan dan mencegah kerontokan pada bunga. Selain ZPT Media tanam juga penting bagi pertumbuhan setiap tanaman dan berfungsi sebagai tempat berpegangnya akar tanaman yang ditanam dan untuk menyerap larutan nutrisi saat disiramkan atau diteteskan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Jl. Sukun, Karangbendo, Jaranan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2018. Metode yang digunakan adalah percobaan menggunakan polybag dengan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan dua faktor diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama sebagai main plot adalah konsentrasi zat pengatur tumbuh (ZPT) Giberelin GA3 dengan aras (G0 : 0 ppm, G1 : 50 ppm, G2 : 75 ppm, G3 100 ppm) dan faktor kedua sebagai sub plot adalah jenis media tanam (M1 : Arang sekam, M2 : Pasir malang, M3 : Arang sekam + Cocopeat (1:1)). Data pengamatan dianalisis keragamanya pada aras 5%. Untuk mengetahui perbedaan rata rata perlakuan digunakan Uji Jarak Berganda Ducan (DMRT) pada aras jenjang nyata 5 %. Hasil Penelitian menunjukan ada pengaruh nyata pada pemberian konsentrasi ZPT Giberelin dan macam media tanam pada pertumbuhan dan hasil tomat ceri, Konsentrasi ZPT Giberelin yang terbaik adalah 100 ppm, dan media terbaik adalah Arang sekam + Cocopeat (1:1) Kata kunci: Tanaman Tomat Ceri, Hidroponik Substrat, Zat Pengatur Tumbuh Giberelin, Media Tanaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:26
Last Modified: 16 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item