USULAN PERBAIKAN KINERJA SWALAYAN MUTIARA 99 MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM

Fauziyyah, Fuza (2019) USULAN PERBAIKAN KINERJA SWALAYAN MUTIARA 99 MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Swalayan Mutiara 99 merupakan perusahaan bergerak di bidang perbelanjaan untuk kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari, selama ini perusahaan hanya mengukur hasil pengukuran kinerja dengan aspek keuangan saja untuk tolak ukur pengukuran kinerja karena mudah diterapkan. Namun dengan terfokuskannya terhadap tolak ukur tersebut membuat aspek-aspek lain terabaikan seperti kepuasan pelanggan, kesetiaan pelanggan, dan kurang optimalnya supplier dalam meningkatkan penjualan produk. Terbukti dengan adanya keingian konsumen yang didapatkan pada kuesioner yang diberikan kepada 30 responden mengenai sistem perbelanjaan yang menginginkan adanya sistem pembayaran non tunai dan adanya fasilitas untuk pengambilan uang atau anjungan tunai mandiri yang menyebabkan ketidaksetiaan konsumen, serta tingkat pengembalian barang terhadap supplier yang tidak laku dijual dilihat dari satu tahun terakhir sebanyak 33 kali pengembalian barang yang dikembalikan kepada supplier serta prosentase kecacatan produk 3,4% pada periode Juli 2017- Juli 2018. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur dan mengevaluasi pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan pada Swalayan Mutiara 99 untuk memberikan usulan perbaikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Performance Prism yaitu konsep yang mengukur kerja berdasarkan lima aspek prisma kerja yaitu kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder, strategi, proses, dan kemampuan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 3 KPI masih jauh dalam pencapaian target, sehingga 3 KPI ini perlu segera diperbaiki. Total pencapaian kinerja pada periode Juli 2015 – Juli 2016 sebesar 2,158, pada periode Juli 2016 – Juni 2017 sebesar 4,349 dan periode Juli 2017- Juni 2018 sebesar 5,99 menunjukkan bahwa adanya peningkatan kinerja dari 3 periode terakhir namun masih belum menunjukkan pencapaian target yang maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk perbaikan periode selanjutnya. Kata Kunci: Performance Prism, Pengukuran kinerja, Key Performance Indicator

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2019 05:00
Last Modified: 16 Jan 2019 05:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17977

Actions (login required)

View Item View Item