RENCANA PENATAN LAHAN PADA BEKAS PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT PT.SANMAS MEKAR ABADI DI KECAMATAN LINGGA UTARA, KABUPATEN LINGGA, PROVINSI KEPULAUAN RIAU

PAMBAYU, ALDIO KRESNA (2019) RENCANA PENATAN LAHAN PADA BEKAS PENAMBANGAN BIJIH BAUKSIT PT.SANMAS MEKAR ABADI DI KECAMATAN LINGGA UTARA, KABUPATEN LINGGA, PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Sanmas Mekar Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bauksit yang berlokasi di Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Sanmas Mekar Abadi adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining) dengan metode penambnagn open pit. Kegiatan penambangan berlangsung sejak 2010 hingga 2015. Permasalahan yang muncul adalah ketika pertambangan berlangsung dan ketika kegiatan pertambangan sudah selesai, PT. Sanmas Mekar Abadi belum melakukan kegiatan reklamasi yang telah di rencanakan sebelum dilakukanya penambangan. Akibat tidak di lakukanya reklamasi, pemukiman warga yang berada di dekat WIUP (Wilayah Ijin Usaha Pertambangan) terkena limpasan air dari bekas bukaan penambangan hingga terjadi banjir yang dapat mengakibatkan kerugian. Metode penelitian yang dilakukan adalah mengkaji bagaimana rencana reklamasi pascatambang yang telah di rencanakan oleh perusahaan dengan keadaan yang sesungguhnya pada lapangan. Setelah hasil kajian didapat maka akan di lakukan suatu rancangan baru yang berbeda dari sebelumnya untuk di terapkan sebagai rancangan reklamasi pasca tambang. Pada akhir penambangan tidak ada lahan yang sudah di reklamasi, penataan lahan masih seperti bekas penambangan yang belum di tata, saluran-saluran pembuangan belum terdapat pada akhir penambangan. Hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya erosi sebesar 679,01 Ton/Ha/Thn ( Kelas V ) pada lereng bekas penambangan blok A, sebesar 2119,87 Ton/Ha/Thn ( Kelas V ) pada bekas penambangan blok B, dan sebesar 107,88 Ton/Ha/Thn ( kelas III ) pada area bekas pengolahan Nilai laju erosi yang tinggi akan dikecilkan dengan cara membuat jenjang yang sesuai dan pembuatan saluran terbuka untuk menanggulangi erosi. Jenjang terdapat pada blok A dan blok B. Blok A yang memiliki kemiringan 39,34 % di buat kemiringan 31,57 % dengan 2 jenjang, Blok B yang memilikikemiringan 100 % akan di buat kemiringan 50 %. Saluran terbuka akan di buat sesuai dengan air limpasan yang mengalir, pada blok A terdapat 2 saluran terbuka, pada blok B terdapat 2 Saluran terbuka, dan pada bekas pengolahan terdapat 1 saluran terbuka. Setelah di lakukan penataan permukaan lahan, pembuatan saluran terbuka, dan penanaman tanaman reklamasi akan di dapat erosi sebesar 7,03 Ton/Ha/Thn ( Kelas I ) pada lereng bekas penambangan blok A, sebesar 5,02 Ton/Ha/Thn ( Kelas I ) pada lereng bekas penambangan blok B, dan Sebesar 16,18 Ton/Ha/Thn ( Kelas II ) pada beakas pengolahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:51
Last Modified: 16 Jan 2019 04:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item View Item