ANALISIS FAKTOR TERJADINYA DILUSI DI FRONT PENAMBANGAN PADA DIG LINE A DAN DIG LINE B ELEVASI 50 – 47.5 MDPL DI PIT NORTH KUNING PT KASONGAN BUMI KENCANA, KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

OKTORI, PIFET (2019) ANALISIS FAKTOR TERJADINYA DILUSI DI FRONT PENAMBANGAN PADA DIG LINE A DAN DIG LINE B ELEVASI 50 – 47.5 MDPL DI PIT NORTH KUNING PT KASONGAN BUMI KENCANA, KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Kasongan Bumi Kencana (KBK) memiliki beberapa pit yang beroperasi, salah satunya adalah Pit North kuning dengan luas 5.3 Ha. Permasalahan yang terjadi masih tercampurnya waste dengan ore sehingga menyebabkan meningkatnya tonase ore yang dikirim ke pabrik pengolahan. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya dilusi serta upaya yang dapat mengurangi terjadinya dilusi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menganalisis data dig line, menganalisis kegiatan yang menyebabkan terjadinya dilusi, menghitung data ore mined, menghitung grade adjustment dan menghitung tingkat dilusi. Hasil perhitungan tingkat dilusi yang terjadi di elevasi 50 – 47.5 Mdpl pada Dig Line A yaitu Tonase sebesar 9.66 %, Au sebesar 9.55 % ,Ag sebesar 9.41 % dan Dig Line B yaitu Tonase sebesar 11.01 %, Au sebesar 11.20 %, Ag sebesar 11.24 %. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor terjadinya dilusi yaitu penggalian berlawanaan arah kemiringan ore ore terjadi pada dig line A yaitu A1, A2, A3, A4,A5 dan dig line B yaitu B16, B7, B6, B14, B15, Kondisi front penambangan terdapat waste berupa batuan hasil dari in-pit dan peralatan pendukung untuk penambangan selektif, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi terjadinya dilusi yaitu mengubah desain kemajuan tambang, melakukan pembersihan material in-pit serta mengubah skema penggalian ore.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:10
Last Modified: 16 Jan 2019 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17967

Actions (login required)

View Item View Item