PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK CAIR DAN Trichoderma sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KUBIS MERAH (Brassica oleraceae var. capitata forma rubra L.)

Pertiwi, Ceria Dika (2018) PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK CAIR DAN Trichoderma sp. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KUBIS MERAH (Brassica oleraceae var. capitata forma rubra L.). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Kubis merah (Brassica oleraceae L. var. capitata forma rubra) merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang banyak serta memiliki nilai ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji macam pupuk organik cair dan Trichoderma sp. terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis merah (Brassica oleraceae L.var. capitata forma rubra). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juli 2017 di Dusun Weron Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Sleman. Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial dan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL), perlakuan diulang sebanyak 4 ulangan. Faktor pertama ialah macam-macam pupuk organik cair yang terdiri dari 4 taraf yaitu C0 = Tanpa POC , C1= Urine Sapi, C2 = Akar Bambu, C3= Glereside. Faktor kedua ialah Trichoderma sp., yang terdiri dari dua taraf yaitu T0 = Tanpa Trichoderma sp., T1= Trichoderma sp. Hasil pengamatan dianalisis dengan mengguakan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5%. Terdapat interaksi antara macam pupuk organik cair dan trichoderma sp. pada tinggi tanaman 42 hst, jumlah daun 42 hst, panjang akar, jumlah akar, dan berat krop. Kombinasi perlakuan urin sapi dan trichoderma sp. memberikan berat krop kubis merah paling baik daripada perlakuan yang lain. Tidak ada pengaruh nyata pada kandungan vitamin C dan vitamin A pada kubis merah Kata kunci : Pupuk Organik Cair, Trichoderma sp., Kubis Merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:37
Last Modified: 15 Jan 2019 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17908

Actions (login required)

View Item View Item