PERENCANAAN TATA LETAK PENEMPATAN BARANG UNTUK MEMINIMASI FREKUENSI PERGERAKAN BARANG MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE (Studi kasus di PT Primissima Persero, Yogyakarta)

Ramadhani, Fadhil Wina (2019) PERENCANAAN TATA LETAK PENEMPATAN BARANG UNTUK MEMINIMASI FREKUENSI PERGERAKAN BARANG MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE (Studi kasus di PT Primissima Persero, Yogyakarta). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

PT Primissima (persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri garment yang menghasilkan kain.. Pada saat penempatan barang di gudang kurang beraturan, sehingga pada saat oprator ingin melakukan pengambilan barang di gudang maka oprator harus membongkar barang yang menghalangi dan hal tersebut membuat oprator melakukan pergerakan yang seharusnya tidak perlu dilakukan sehingga dapat meminimalkan biaya yang dihasilakan dari proses matrial handling. Penelitian ini akan dilakukan di gudang untuk melakukan perencanaan tata letak penempatan barang dengan menggunakan metode class based storage. Dimana dalam metode class based storage barang dikelompokan berdasarkan jumlah barang terbanyak yang memiliki frekuensi waktu tersingkat digudang. Dengan metode class based storage diharapkan dapat meminimalkan pergerakan barang dan meminimalkan biaya yang terjadi di gudang. Dari hasil pengolahan dan analisis hasil yang dilakukan dengan metode class based storge, menghasilkan penghematan jarak sebesar 11.033,09 meter dengan effisiensi sebesar 38,5% Kata Kunci: Perencanaan Tata Letak Penempatan Barang, Class Based Storage, Meminimalkan Pergerakan Barang Dan Biaya Di Gudang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:46
Last Modified: 15 Jan 2019 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item