CORYNA, CORYNA (2018) ANALISIS CITRA MEREK PRODUK SMARTPHONE IPHONE 5S DAN SAMSUNG S5 (studi kasus komparatif pada mahasiswa perguruan tinggi di kawasan Babarsari Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
cover skripsi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI new.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
img002.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis citra merek smartphone Iphone 5s dan Samsung S5. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian jenis penelitian survey yang dilakukan terhadap pelanggan Iphone 5s dan Samsung S5 yang sedang memakai atau pernah memakai smartphone Iphone 5s dan Samsung s5. Penelitian ini bertipe deskriptif komparatif. Teknik pengambilan sample menggunakan Probability Sampling dengan jumlah responden sebanyak 68 orang, yang terdiri dari mahasiswa dikawasan Babarsari Yogyakarta yang pernah memakai atau sedang memakai smartphone Iphone 5s dan Samsung S5. Analisis data menggunakan analisis Cochran Q- analisis Citra digunakan untuk menjawab rumusan masalah, adapun langkah-langkah yang digunakan adalah: analisis pengenalan dan kesukaan dan diagram ular , serta analisis uji beda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengenalan dan kesukaan terhadap smartphone Iphone 5s dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di daerah Babarsari cukup tinggi, sedangkan untuk Smartphone Samsung S5 berdasarkan matrik tingkat pengenalan dan kesukan dapat dianalisis bahwa tingkat pengenalan di atas rata-rata ,namun di tingkat kesukaan smartphone samsung S5 di bawah rata-rata. Selain dengan Analisis Pengenalan dan kesukaan, analisis citra merek juga dilakukan dengan menggunakan diagram ular. Smartphone analisis Uji beda dapat disimpulkan bahwa smartphone Iphone 5s dan Samsung S5 tidak memiliki perbedaan citra di kalangan mahasiswa perguruan tinggi kawasan babarsari. Hasil uji perbedaan dengan menggunakan paired sample test menunjukkan nilai thitung sebesat 0,229 dan sig. 0,826 (p>0,05). Dengan demikian dinyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan citra merek Iphone dengan merek Samsung pada kampus UPN,Atma Jaya dan STTNAS. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan harus memasukan atribut-atribut prospek yang diinginkan pelanggan smartphone iphone 5s dan samsung S5. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan smartphone Iphone 5s berdasarkan analisis pengenalan dan kesukaan harus behavioral atau mendorong berperilaku pengguna iphone 5s, sedangkan untuk kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Samsung S5 adalah behavioral atau mendorong berperilaku, sehingga menjadi tugas perusahan untuk membuat kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan produknya lebih intens lagi, serta melakukan kegiatan untuk merangsa afeksi dari pasar sasaran. Berdasarkan hasil dari analisis diagram ular , smartphone Iphone 5s yang memiliki atribut citra merek yang condong kekanan adalah hasil kamera yang bagus. citra merek untuk smartphone Iphone 5s yang baik juga terdapat pada memiliki fitur yang lengkap.diagram ular pada smartphone Iphone 5s adalah merek yang dikenal hampir semua kalangan hal ini menjadi nilai tambahan pada smartphone Iphone 5s karna hampir semua kalangan mengenal merek smartphone Iphone 5s tersebut. Sedangkan untuk smartphone Samsung S5 yang atributnyanya condong kekiri adalah memiliki desain yang mewah hal ini sebaiknya menjadi suatu loncatan untuk perusahan smartphone Samsung S5 merubah desainnya agar menjadi lebih bagus atau mewah agar pelanggan menyukai desainnya lagi . Kata kunci : citra merek, smartphone
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 04:38 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 04:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17905 |
Actions (login required)
View Item |