ANALISA METODE GEOMAGNETIK UNTUK MENGETAHUI KEBERADAAN INTRUSI BATUAN BEKU GUNUNG WUNGKAL, DAERAH GODEAN, YOGYAKARTA

ADINEGARA, PANDITO (2018) ANALISA METODE GEOMAGNETIK UNTUK MENGETAHUI KEBERADAAN INTRUSI BATUAN BEKU GUNUNG WUNGKAL, DAERAH GODEAN, YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (785kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi keberadaan dari intrusi batuan beku serta nilai dari respon kemagnetannya pada daerah Gunung Wungkal, Kecamatan Godean, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan Metode Geomagnetik Base – Rover.
Data Geomagnetik ini memiliki 8 lintasan dengan luas sebesar 1000 m x 1000 m dengan setiap lintasan sepanjang 1000 m dengan jarak pengambilan titik adalah setiap 50 m. Kemudian dilakukan pemodelan 2D dengan hasil berupa peta TMI, RTP, Analytic Signal, dan Upward Continuation, 2,5D dengan hasil berupa penampang 2,5D, dan 3D dengan hasil peta 3D yang mampu menggambarkan nilai kemagnetan batuan untuk mendeteksi intrusi batuan beku yang ada dibawah permukaan bumi. Pada peta 2,5D dilakukan sayatan pada peta Analytic Signal untuk melihat keberadaan dari tubuh intrusi didukung juga dengan filter upward contionuation serta kenampakan bawah permukaan dari model inversi 3D.
Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada peta 2D dan 2,5D, dapat ditentukan tubuh dari intrusi batuan beku serta batas – batas dari intrusi tersebut dapat dilihat dari peta 3D yang hanya memunculkan nilai suseptibilitas yang tinggi. Berdasarkan peta 2D, 2,5D, 3D, dan nilai suseptibilitas yang telah diperoleh serta didukung dengan adanya observasi di lapangan dapat diinterpretasikan bahwa terdapat intrusi batuan beku dengan nilai suseptibilitas tinggi berkisar antara 0,079503 SI hingga 0,101407 SI pada daerah penelitian berupa batuan beku andesit, dasit, dan diorit dimana ditemukan batubeku diorit denga inklusi dasit yang menandakan bahwa intrusi pada daerah penelitian terjadi lebih dari satu kali. Intrusi batubeku andesit terdapat pada daerah barat penelitian dan intrusi batubeku diorit dengan inklusi dasit terdapat pada daerah timur laut dan pada daerah tenggara penelitian.
Kata kunci: Intrusi Batuan Beku, Geomagnetik, Base - Rover, Suseptibilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:10
Last Modified: 07 Feb 2023 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

View Item View Item