RE-DESIGN DAN OPTIMASI PENGANGKATAN BUATAN CONTINOUS GAS LIFT PADA SUMUR “TBH” LAPANGAN “GEMILANG” PT. PERTAMINA EP ASSET 3 TAMBUN

PERDANA, VANDI (2019) RE-DESIGN DAN OPTIMASI PENGANGKATAN BUATAN CONTINOUS GAS LIFT PADA SUMUR “TBH” LAPANGAN “GEMILANG” PT. PERTAMINA EP ASSET 3 TAMBUN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FILE COVER.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE RINGKASAN .pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Sumur TBH berada di lapangan Gemilang yang termasuk dalam wilayah kerja PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field. Sumur ini diproduksi pada Formasi Talang Akar Pada kedalaman mid perforasi 6903 ft. Laju produksi liquid aktual pada sumut TBH adalah 167.2 bfpd dengan kadar air 92.5%, laju produksi minyak adalah 12.54 bopd. Sebagai akibat dari berjalannya produksi terhadap waktu, terjadi penurunan pada tekanan reservoir sehingga pengangkatan buatan gas lift perlu dilakukan perencanaan ulang untuk dapat memperoleh hasil yang lebih optimal. Pada sumur TBH flowmeter injeksi yang berfungsi untuk membaca laju injeksi ke dalam sumur tidak berfungsi dengan baik sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap gradien tekanan alir survei yang telah dilakukan untuk memvalidasi data laju gas injeksi dan laju gas injeksi dari formasi. Pada analisa produktivitas sumur metode Inflow performance yang digunakan adalah metode IPR L.Wiggins Tiga Fasa dan untuk menentukan kehilangan tekanan yang terjadi sepanjang pipa vertikal digunakan metode Hagedorn and Brown secara manual. Pada perencanaan ulang continous gas lift ini dilakukan dengan dua skenario. Skenario pertama adalah melakukan perencanaan ulang sumur continous gas lift pada tekanan operasi permukaan mula mula, yakni 450 psig. Skenario kedua adalah melakukan perencanaan ulang continous gas lift dengan tekanan operasi permukaan 750 psig, Tekanan operasi permukaan ini tengah direncanakan pada sumur TBH lapangan Gemilang. Selanjutnya melakukan analisa jumlah gas injeksi yang diperlukan, jumlah dan kedalaman titik – titik katup unloading, serta menentukan tekanan buka dan tutup pada titik – titik katup unloading dan operasi. Hasil perencanaan ulang sumur TBH pada skenario pertama menunjukan bahwa terjadi kenaikan laju produksi liquid 21.4 % dari laju produksi aktual dengan laju gas injeksi 1.17 mmscfd. Sedangkan pada skenario kedua terjadi kenaikan laju produksi liquid sebesar 141.31% dari laju produksi aktual dengan laju gas injeksi 1.211 mmscfd.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:52
Last Modified: 14 Jan 2019 07:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

View Item View Item