GEOLOGI DAN IDENTIFIKASI POTENSI KAWASAN RAWAN BENCANA SEKTOR TIMUR GUNUNG SANGEANG API, KEC. WERA, KAB. BIMA PROV. NUSA TENGGARA BARAT

ADITYATAMA, ALBANY (2019) GEOLOGI DAN IDENTIFIKASI POTENSI KAWASAN RAWAN BENCANA SEKTOR TIMUR GUNUNG SANGEANG API, KEC. WERA, KAB. BIMA PROV. NUSA TENGGARA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada di Pulau Sangeang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara. Sedangkan secara geografis daerah penelitian berada pada 9093000 mU – 9096000 mU dan 731000 mT – 734000 mT (UTM zona 50S) dengan luas 3 x 3 km2. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mempelajari tatanan geologi meliputi geomorfologi, stratigrafi, sejarah geologi dan identifikasi kawasan rawan bencana pada daerah penelitian. Pola pengaliran yang mengontrol daerah telitian adalah radial. Geomorfologi daerah telitian dibagi menjadi 5 satuan geomorfik, meliputi: baranko, lereng gunungapi tengah, lereng gunungapi bawah, tubuh sungai, dan pantai. Susunan stratigrafi lokasi penelitian dari yang berumur tua ke muda secara berurutan adalah Satuan Piroklastik Aliran Sangeangapi 1, Satuan Lava Sangeangapi, Satuan Lahar Sangeangapi, dan Satuan Piroklastik Aliran Sangeangapi 2. Seluruh satuan batuan yang ditemukan memiliki umur kala Holosen. Pada daerah telitian teridentifikasi 3 zona Kawasan Rawan Bencana yaitu Kawasan Rawan Bencana 1, 2 dan 3. Daerah telitian adalah area yang akan terkena seluruh bahaya dan ancaman apabila terjadi erupsi mulai dari balistik, lava, awan panas, lahar, dan hujan abu. Maka dari itu daerah telitian dan sekitarnya adalah zona berbahaya dan dianjurkan untuk tidak bermukim atau beraktivitas pada daerah tersebut tanpa kewaspadaan akan ancaman yang ada. Kata Kunci: Pola Pengaliran, Geomorfologi, Stratigrafi, Kawasan Rawan Bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:18
Last Modified: 14 Jan 2019 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17845

Actions (login required)

View Item View Item