PEMANFAATAN IoT PADA AUTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN (SMART AGRICULTURE) DENGAN MODUL WI-FI ESP8266 (Studi Kasus : Tanaman Cabai Pada Lahan Pertanian Pantai Samas)

FIRDAUS, MEGA EMILIA NUR (2018) PEMANFAATAN IoT PADA AUTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN (SMART AGRICULTURE) DENGAN MODUL WI-FI ESP8266 (Studi Kasus : Tanaman Cabai Pada Lahan Pertanian Pantai Samas). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan_Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Pengesahan_Pembimbing.pdf

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of Pdf-Full.pdf] Text
Pdf-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lahan pertanian Pantai Samas merupakan lahan dengan karakteristik wilayah berupa tanah bertekstur pasir, mudah melepaskan air, struktur berbutir tunggal, dan daya simpan lengasnya rendah. Pengelolaan dan perbaikan terus dilakukan untuk menjadikan kawasan pertanian di Pantai Samas sebagai tempat agrowisata dan edukasi wisata pertanian. Pertanian di Pantai Samas memiliki kelompok tani yang disebut dengan kelompok tani lahan pasir makmur. Pada lahan pertanian ditanam beberapa tanaman hortikultura, khususnya tanaman cabai merah. Kelompok tani lahan pasir makmur dapat memproduksi cabai sekitar 8 hingga 10 ton per hektar dalam satu kali panen. Dalam waktu dekat ini, kelompok tersebut akan meningkatkan target hingga 30 ton per hektar. Untuk membantu meningkatkan produksi, dilakukan perbaikan pada penyiraman tanaman karena penyiraman tanaman merupakan aspek yang sangat penting untuk mendapatkan kualitas tanam yang baik. Selain itu, kontrol dan monitoring dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi IoT. Teknologi IoT dapat merubah sistem manual menjadi otomatis sehingga pekerjaan akan lebih efisien. Penelitian ini membutuhkan sensor soil moisture untuk mengukur kelembaban tanah dengan hasil yang akurat dalam mengetahui kondisi kelembaban tanah pada tanaman. Modul Wifi ESP8266 digunakan sebagai pengolah data keseluruhan dan sebagai access point untuk mengerimkan data melalui koneksi internet. Nilai kelembaban tanah yang didapat dari sensor akan diolah oleh Modul Wifi ESP8266 untuk dapat dikirim kedalam database dengan koneksi internet. Nilai-nilai kelembaban yang ada dalam database dapat ditampilkan melalui website. Selain mengetahui nilai kelembaban, website juga dapat mengakses penyiraman dari jarak jauh dan akan menampilkan riwayat penyiraman yang telah dilakukan. Tanpa adanya akses website, penyiraman tetap dapat berjalan secara otomatis ketika tanah kering dengan memberi interval apabila tanah kering dan user tidak mengakses penyiraman pada website dalam satu jam.
Penelitian ini menghasilkan suatu sistem otomatis dengan teknologi IoT yang menjalankan penyiraman ketika nilai kelembaban kurang dari 20% dan penyiraman tidak dapat dilakukan ketika nilai kelembaban mencapai 80%. Sistem ini dapat dimonitoring dari jarak jauh untuk mengetahui kondisi kelembaban tanah, sehingga lahan pertanian Pantai Samas dapat menjadi wilayah agrowisata dan edukasi wisata pertanian dengan memanfaatkan adanya teknologi yang sedang berkembang saat ini.
Kata Kunci : Internet of Things, Penyiraman Otomatis, Soil Moisture Sensor, Modul Wifi ESP8266.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Jan 2019 08:56
Last Modified: 31 Jan 2023 01:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item View Item