ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2 DIMENSI DI RAJAWALI TRIKARYA DESA BAPANGSARI, KEC. BAGELEN, KAB. PURWOREJO JAWA TENGAH

SETYAWAN, CATUR RONI (2018) ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2 DIMENSI DI RAJAWALI TRIKARYA DESA BAPANGSARI, KEC. BAGELEN, KAB. PURWOREJO JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN dan ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

CV. Rajawali Trikarya terletak di Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Potensi andesit yang ada pada daerah tersebut ingin dimanfaatkan oleh CV. Rajawali Trikarya dengan cara membuka tambang. Ketiadaan data pendukung yang menyatakan sebaran dan sumberdaya andesit pada lokasi IUP CV. Rajawali Trikarya mendorong dilakukannya eksplorasi. Kegiatan eksplorasi dilaksanakan dengan melakukan pengukuran geolistirik resistivitas 2 dimensi menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger sebanyak 8 lintasan, yang mencakup 50% dari luas daerah penelitian. Penampang keadaan bawah permukaan dari hasil pengukuran resisitivitas 2 dimensi digabungkan untuk dibuat permodelan 3 dimensi. Permodelan 3 dimensi digunakan untuk melakukan estimasi sumberdaya andesit yang ada pada lokasi penelitian. Permodelan dilakukan dengan mengasumsikan setiap titik pengukuran geolistrik menjadi suatu blok. Dasar perhitungan metode blok menggunakan Inverse Distance Squared yang menganggap nilai seperjarak dari suatu titik berpengaruh terhadap titik yang diestimasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, daerah penelitian memiliki potensi andesit pada bagian Timur yang mencakup sekitar 70% dari daerah penelitian. Potensi andesit terdapat pada setiap lintasan pengukuran dengan nilai resistivitas minimal 2.000 Ωm. Estimasi sumberdaya andesit berdasarkan data geolistrik hasil permodelan 3 dimensi dengan program Geosoft Oasis Montaj dinyatakan dalam volume sebesar 877.375 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:38
Last Modified: 11 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item