DESAIN TEKNIS REKLAMASI TAMBANG PASIR DAN BATU DI DUSUN TEMUIRENG, DESA BANDUNGAN, KECAMATAN JATINOM, KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

Nugroho, Ajie Sunan (2018) DESAIN TEKNIS REKLAMASI TAMBANG PASIR DAN BATU DI DUSUN TEMUIRENG, DESA BANDUNGAN, KECAMATAN JATINOM, KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Lokasi penelitian merupakan area kegiatan penambangan pasir dan batu (sirtu) milik beberapa masyarakat yang dilakukan dengan sistem terbuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kondisi karakeristik geofisik lingkungan yang diakibatkan kegiatan penambangan dan memberikan arahan pengelolaan reklamasi lahan yang berdasarkan kondisi geofisik lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini terdapat empat (4) metode. Metode pertama metode observasi pemetaan untuk mengetahui kondisi eksisting pada lokasi penelitian. Metode yang kedua menggunakan metode survei untuk mendapatkan data primer dengan pengukuran dan pengamatan. Hasil yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan metode pengharkatan untuk mendapatkan tingkat kerusakan lahan berdasarkan Keputusan Gubernur DIY No. 63 tahun 2003. Metode terakhir menggunakan metode analisis laboratorium dengan menguji kandungan unsur kimia tanah yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penentuan rancangan teknis reklamasi dan revegetasi menggunakan metode evaluasi yang disesuaikan dengan peruntukan lahan yang sesuai dengan Rencana Tataa Ruang Wilayah Kabupaten Klaten. Berdasarkan hasil pengharkatan, tingkat kerusakan lahan termasuk pada katagori rusak berat pada daerah permasalahan. Teknik reklamasi yang disarankan adalah membuat teras bangku, dibuat dengan sistem drainase dan guludan, kemudian metode penanaman yang dipilih adalah pola tanaman budidaya Lorong (alley cropping) dengan menggunakan metode pot dan petak penanaman. Taman yang dipilih merupakan jagung untuk pertanian lahan kering dan jati sebagai tanaman pioner sedangkan untuk tanaman budidaya dan vertiver sebagai cover crop. Kata Kunci: Kegiatan Penambangan, Kerusakan Lahan, Reklamasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Jan 2019 04:45
Last Modified: 11 Jan 2019 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item