PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN PAITAN (Tithonia diversifolia) TERHADAP KETERSEDIAAN N TANAH PASIR PANTAI DAN PERTUMBUHAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

Baheramsyah, Mohammad Ruslan (2019) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN PAITAN (Tithonia diversifolia) TERHADAP KETERSEDIAAN N TANAH PASIR PANTAI DAN PERTUMBUHAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi dan pupuk hijau Tithonia diversifolia terhadap ketersediaan N tanah pasir pantai dan pertumbuhan tomat. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 2 faktor, faktor pertama yaitu takaran pupuk kandang yang terdiri dari 3 taraf 0, 2,5 dan 5%. Faktor kedua yaitu takaran Thitonia diversifolia yang terdiri dari 4 taraf 0, 2,5, 5 dan 7,5%. Parameter yang diamati yaitu sebelum perlakuan meliputi C – organik, pH (H2O), N-tersedia, N-total, KPK, Tekstur. Analisis pupuk meliputi C-organik, N-total dan C/N. Analisis tanah setelah perlakuan meliputi C-organik, pH, N-tersedia dan KPK, serta parameter pertumbuhan meliputi Tinggi tanaman, Berat basah, dan Berat kering. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan digunakan sidik ragam (ANOVA) dan diikuti dengan uji lanjutan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk kandang sapi berpengaruh nyata meningkatkan pH (H2O), C-organik, N-tersedia, berat basah, berat kering, dan tinggi tanaman, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan KPK tanah. Pemberian pupuk kandang sapi 2,5% (S1) mendapatkan hasil yang terbaik. Sedangkan pemberian Tithonia diversifolia berpengaruh nyata meningkatkan pH (H2O), C-organik, KPK, dan N-tersedia, tetapi tidak berpengaruh nyata dalam peningkatan berat basah, berat kering, dan tinggi tanaman. Pemberian Tithonia diversifolia 5% (T2) mendapatkan hasil yang terbaik. Kombinasi pupuk kandang sapi dan Tithonia diversolia berpengaruh nyata meningkatkan pH (H2O), tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap C-organik, KPK, N-tersedia, berat basah, berat kering, dan tinggi tanaman. Kombinasi pupuk kandang sapi 2,5% (S1) dan Tithonia diversolia 5% (T2) mendapatkan hasil yang terbaik. Kata Kunci : Pupuk kandang sapi, Tithonia diversifolia, tanah pasir pantai, tomat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:14
Last Modified: 10 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17763

Actions (login required)

View Item View Item