ANALISIS PRODUKSI PADA KEMAJUAN TAMBANG BERDASARKAN PENGUKURAN FOTOGRAMETRI UAV (UNMANNED AERIAL VEHICLE) DI KUARI BATUGAMPING PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK PABRIK TUBAN JAWA TIMUR

JAMAL, FAISHAL INSANUL (2018) ANALISIS PRODUKSI PADA KEMAJUAN TAMBANG BERDASARKAN PENGUKURAN FOTOGRAMETRI UAV (UNMANNED AERIAL VEHICLE) DI KUARI BATUGAMPING PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK PABRIK TUBAN JAWA TIMUR. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di dalam industri semen di Indonesia bahkan mancanegara yang berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Sistem penambangan yang diterapkan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah tambang terbuka dengan metode Quarry. Adapun kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam pelaksanaanya perlu dilakukan perhitungan produksi untuk mengetahui ketercapaian target produksi yang telah di tetapkan oleh perusahaan. Perhitungan produksi dapat dilakukan dengan metode pengukuran menggunakan total station secara langsung di lapangan atau secara ditimbang. Namun metode tersebut membutuhkan tenaga kerja dan waktu serta biaya yang lebih harus dikeluarkan oleh perusahaan. Maka dari itu perlu adanya terobosan baru yang inovatif serta efisien menentukan hasil produksi di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk sehingga dapat menghemat waktu serta meminimalisir biaya yang ditanggung perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fotogrametri UAV (Unmmaned Aerial Vehicle). Fotogrametri adalah suatu metode pemetaan objekobjek dipermukaan bumi yang menggunakan foto udara sebagi media, dimana dilakukan penafsiran objek dan pengukuran geometri untuk selanjutnya dihasilkan peta garis, peta digital maupun peta foto. Seluruh orthofoto hasil dari pengolahan foto udara dilakukan uji ketelitian geometri untuk mendapatkan ketelitian geometri dengan skala 1 : 1000 dan parameter nilai Circular Error (CE90) dan Linier Error (LE90) sesuai Perka BIG Nomor 15 Tahun 2014. Seluruh ketelitian vertikal dan horisontal berada pada kelas 1. Seluruh Digital Terrain Model (DTM) dari hasil fotogrametri UAV yang telah dihitung volumenya dengan output tonase dibandingkan terhadap laporan operasi harian dari timbangan crusher dengan output tonase juga. Selisih pengukuran pada blok XY7 sebesar 424,2 ton (2,63%), blok J12/13 sebesar 239 ton (2,68%) dan blok BB8 sebesar 335,4 ton (2,31%). Maka diperoleh selisih rata-rata perhitungan sebesar 2,54%. Pengukuran ini dilakukan uji tingkat kepercayaan menggunakan tabel Tstudent dengan tingkat kepercayaan 95% dan selisih pengukuran yang diharapkan sebesar 2,5%. Pengukuran ini memiliki selisih perhitungan sebesar 2,54, dengan 3 jumlah sampel. Maka didapatkan simpangan baku sebesar 0,2 dan nilai T hitung sebesar 0,34. Nilai T hitung ini dibadingkan terhadap nilai T-table dengan α 0,025;2 = 4,30265. Hipotesa diterima karena nilai T hitung berada pada daerah penerimaan. Kesimpulannya yaitu hasil pengukuran sampel tidak berbeda jauh dengan pengukuran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:14
Last Modified: 10 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item View Item