PENJADWALAN PRODUKSI GENERAL FLOWSHOP UNTUK MEMINIMASI TOTAL TARDINESS MENGGUNAKAN PRIORITAS EARLIEST DUE DATE (EDD) (Studi Kasus di UKM Jakardo, Jl. Agung Sedayu, No 13, Condongcatur, Yogyakarta)

Anggitasari, Alvia (2018) PENJADWALAN PRODUKSI GENERAL FLOWSHOP UNTUK MEMINIMASI TOTAL TARDINESS MENGGUNAKAN PRIORITAS EARLIEST DUE DATE (EDD) (Studi Kasus di UKM Jakardo, Jl. Agung Sedayu, No 13, Condongcatur, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya persaingan antar perusahaan manufaktur membuat konsumen semakin tidak bersedia menunggu untuk mendapatkan pesanannya. Ketepatan waktu dalam suatu proses produksi sangat penting sehingga order yang dipesan oleh konsumen dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dengan penjadwalan produksi yang sesuai. UKM Jakardo merupakan usaha yang bergerak dibidang konveksi yang memiliki sifat kedatangan pesanan yaitu dinamis atau tidak pasti dan sistem produksi yang dimiliki yaitu Make To Order. Penjadwalan produksi yang diterapkan UKM menggunakan sistem First Come First Serve. Keterlambatan produksi sering terjadi karena belum terdapat penjadwalan dengan sistem First Come First Serve belum tepat untuk memenuhi ketepatan produksi. Penelitian bertujuan untuk membuat penjadwalan produksi flowshop dengan kedatangan pesanan yang bersifat dinamis untuk meminimasi total tardiness dan jam lembur. Penjadwalan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada penjadwalan Mutiara (2015) dengan memodifikasi bagian pengurutan prioritas pengerjaan berdasarkan prioritas Earliest Due Date dan Longest Processing Time. Prioritas ini dipilih karena pada penjadwalan perusahaan masih sering terjadi keterlambatan karena tidak memperhatikan due date yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan total tardiness pada penjadwalan usulan di bulan Juni 2018 dapat meminimasi waktu keterlambatan dengan perbandingan penjadwalan perusahaan yaitu dengan total tardiness 166 hari dan total tardiness penjadawalan usulan yaitu 4 hari. Sedangkan untuk mean tardiness yang didapatkan perusahaan yaitu 3 hari dan mean tardiness penjadwalan usulan yaitu 0,05 detik. Kata kunci: Penjadwalan Flow Shop, First Come First Serve, Total Tardiness, Earliest Due Date (EDD), Longest Processing Time (LPT).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 05:11
Last Modified: 08 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17677

Actions (login required)

View Item View Item