PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN OUTPUT MENGGUNAKAN SIMULASI (Studi Kasus di CV Dwi Jasa Logam Kabupaten Klaten)

Adriansyah, Amran (2018) PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN OUTPUT MENGGUNAKAN SIMULASI (Studi Kasus di CV Dwi Jasa Logam Kabupaten Klaten). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

CV Dwi Jasa Logam merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan logam, dalam 1 minggu perusahaan tersebut mengolah bahan baku logam seberat 10 ton menjadi kurang lebih 3000 unit produk/minggu untuk dikirim kepada konsumen. Perusahaan seringkali mengalami keterlambatan pemenuhan pesanan, salah satunya seperti pada bulan Januari – Mei 2018 permintaan produk mencapai rata – rata 4900 unit produk/minggu. Hal tersebut dikarenakan pada stasiun kerja shotblasting, machining dan finishing memiliki kapasitas produksi yang tidak sesuai dengan peningkatan permintaan, sehingga sering terjadi bottleneck yang menyebabkan output produksi tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan kebijakan untuk memaksimalkan output produksi CV Dwi Jasa Logam. Metode yang digunakan adalah analisis bottleneck, kriteria performansi dan simulasi. Analisis bottleneck digunakan untuk mengetahui mesin mana saja yang mengalami bottleneck. Selanjutnya dibuat kriteria performansi agar simulasi yang dibuat lebih terukur. Dengan simulasi dapat ditentukan oleh pembuatan skenario yang berdasarkan kriteria performansi perusahaan. Skenario yang diusulkan dapat menaikkan output produksi dan mengurangi bottleneck yang terjadi pada proses produksi perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi dengan 4 skenario yang berdasarkan kriteria performansi perusahaan, yang bertujuan untuk meningkatkan output yang dihasilkan oleh perusahaan. Skenario 4 dianggap paling optimal karena dapat meningkatkan output perusahaan serta memenuhi setiap lini kriteria performansi. Skenario 4 memiliki persentase kenaikan 17.43%, dengan pengurangan bottleneck mencapai 50%. Skenario usulan yang dipilih dengan mengurangi input bahan baku dan menambah waktu lembur. Kata kunci : Produksi, Kapasitas, Bottleneck, Simulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:54
Last Modified: 08 Jan 2019 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item