KAJIAN PENERAPAN METODE GROUTING PADA PRA KONSTRUKSI TEROWONGAN PENGELAK BANJIR NANJUNG, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT

PUTRA, GILANG VIDIANSYAH (2018) KAJIAN PENERAPAN METODE GROUTING PADA PRA KONSTRUKSI TEROWONGAN PENGELAK BANJIR NANJUNG, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya penanggulangan banjir yang kerap terjadi di daerah aliran sungai Citarum, akan dibangun beberapa infrastruktur pengendali banjir salah satunya adalah terowongan pengelak banjir Nanjung. Pada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan terowongan salah satu hal yang harus diperhatikan adalah sistem perkuatan untuk mencegah keruntuhan pada saat tahap penggalian. Pada terowongan pengelak banjir Nanjung untuk menangani kondisi massa batuan yang relatif lemah, sistem perkuatan yang digunakan adalah metode grouting dari atas permukaan pada tahap pra konstruksi terowongan.
Dalam penerapan grouting pra konstruksi, dilakukan pengujian water pressure test (WPT), grouting test, dan selanjutnya dibuat check hole yang bertujuan untuk mengetahui kondisi massa batuan sebelum dan setelah grouting. Oleh karena itu diperlukan kajian terhadap faktor yang mempengaruhi grouting pra konstruksi dengan parameter kondisi permeabilitas massa batuan sebelum grouting berdasarkan nilai Lugeon (Lu), dan nilai grout take serta analisis kestabilan terowongan sebelum dan setelah grouting berdasarkan nilai strength factor menggunakan permodelan numerik dengan finite element method.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui pada lokasi inlet, dan outlet terowongan kondisi permeabilitas massa batuan sebelum grouting kurang berpengaruh terhadap nilai grout take namun berpengaruh pada lokasi center terowongan. Dari hasil permodelan numerik, didapatkan peningkatan nilai strength factor pada massa batuan sebelum dan setelah grouting yang berpengaruh terhadap kestabilan terowongan.
Kata Kunci : grouting, grout take, lugeon, strength factor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Dec 2018 02:42
Last Modified: 21 Aug 2023 08:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item