Kusuma, Mahesa Arya (2018) PENINGKATAN FLEKSIBILITAS PRESENSI BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) TERHADAP PERUBAHAN JADWAL KULIAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (27kB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (129kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (44kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf Download (685kB) | Preview |
Abstract
Presensi dilakukan dengan berbagai metode baik secara modern maupun konvensional saat ini masih banyak dijumpai sistem presensi dengan metode konvensional dimana presensi dilakukan dengan penandatanganan pada lembar kehadiran. Kemudian lembar kehadiran tersebut direkapitulasi oleh pihak universitas untuk menjadi laporan jumlah kehadiran. Biasanya membutuhkan waktu dalam rekapitulasi data presensi sehingga data tidak dapat dipantau secara Real Time. Permasalahan yang muncul dengan metode presensi konvensional salah satunya adalah tidak fleksibelnya presensi terhadap perubahan jadwal kuliah.
Dibutuhkan waktu beberapa hari untuk mengganti jadwal dan mempersiapkan ruangan pengganti. Pembaharuan dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas presensi dengan pengembangan sistem presensi yang modern yaitu dengan menggunakan kartu RFID.Perancangan menggunakan sensor RC 522 sebagai sensor RFID, arduino sebagai pengolah data sensor, arduino shield untuk mengirimkan data ke database yang berada dalam cloud server. Hasil dari penelitian yaitu mampu menghasilkan sistem presensi yang mendukung fleksibilitas terhadap perubahan jadwal kuliah dengan dukungan data yang real time.
Katakunci: Smart Campus, Internet of Things, Presensi, RFID
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Dec 2018 05:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 06:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17630 |
Actions (login required)
View Item |