PARTISIPASI PETANI KOPI DALAM PROGRAM PEMULIHAN TEGAKAN KOPI PASCAERUPSI GUNUNG MERAPI 2010 (Studi Kasus pada Koperasi Kebun Makmur Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman)

Saprin, Berto Helyawan (2018) PARTISIPASI PETANI KOPI DALAM PROGRAM PEMULIHAN TEGAKAN KOPI PASCAERUPSI GUNUNG MERAPI 2010 (Studi Kasus pada Koperasi Kebun Makmur Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi pertanian komoditas kopi pascaerupsi 2010 dan mengkaji bentuk partisipasi petani kopi Desa Kepuharjo dalam program pemulihan tegakan kopi pascaerupsi Gunung Merapi 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan sumber data dilakukan secara purposive, yaitu Kepala Desa Kepuharjo, Kepala Dusun Petung, Ketua Koperasi Kebun Makmur, dan 1 petani kopi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yaitu 1) Pertanian komoditas kopi pascaerupsi mengalami penurunan karena lahan kurang subur dan akses ke lahan mengalami kesulitan. 2) Bentuk partisipasi petani kopi Desa kepuharjo yaitu menjadi anggota kelompok tani dan anggota Koperasi Kebun Makmur, mengadakan pertemuan atau diskusi, pengambilan keputusan, dan memanfaatkan hasil. Kata Kunci : Partisipasi, Pascaerupsi, Koperasi Kebun Makmur, dan Program Pemulihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:10
Last Modified: 14 Dec 2018 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item View Item