ANALISIS PENJADWALAN FLOW SHOP PADA SISTEM PRODUKSI MAKE TO ORDER DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS (Studi kasus di CV Putra Kilau Lampuan, Surakarta)

Rianti, Hera (2018) ANALISIS PENJADWALAN FLOW SHOP PADA SISTEM PRODUKSI MAKE TO ORDER DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS (Studi kasus di CV Putra Kilau Lampuan, Surakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI .pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

CV Putra Kilau Lampuan merupakan perusahaan percetakan di Surakarta yang memproduksi buku, majalah, packaging, dan undangan. Sistem produksi yang diterapkan berbasis Make To Order (MTO) dengan pola aliran proses produksi bersifat flow shop. Dalam proses produksinya, CV Putra Kilau Lampuan dihadapkan pada kendala banyaknya Work In Process (WIP) atau barang setengah jadi menumpuk dengan kapasitas stasiun kerja yang terbatas. Hal ini dapat menghambat aliran produksi dan waktu penyelesaian pesanan produksi menjadi besar. Metode penjadwalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drum buffer rope dengan konsep pendekatan Theory of Constraints (TOC) yang berfokus kepada pemanfaatan stasiun kerja bottleneck. Penjadwalan dilakukan pada stasiun kerja bottleneck, kemudian melakukan penjadwalan pada stasiun kerja non bottleneck. Penjadwalan pada stasiun kerja non bottleneck sebelum stasiun kerja bottleneck dilakukan secara backward, sedangkan stasiun kerja non bottleneck setelah stasiun kerja bottleneck dilakukan secara forward. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh Stasiun Kerja Penyusunan Kertas Isi (SK 10) terjadi bottleneck. Penjadwalan produksi berdasarkan stasiun kerja bottleneck menghasilkan urutan order dari stasiun kerja 1 sampai stasiun kerja 13 dengan makespan sebesar 26,215 hari. Makespan tersebut lebih singkat dibandingkan dengan makespan perusahaan yang besarnya 30,041 hari. Kata kunci: flow shop, theory of constraints, drum buffer rope, makespan minimum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Dec 2018 01:52
Last Modified: 12 Dec 2018 01:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17519

Actions (login required)

View Item View Item