ANALISIS DISTRIBUSI BBM MENGGUNAKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MEMPERTIMBANGKAN HETEREGENEOUS FLEET, SPLIT DELIVERY, MULTIPLE PRODUCT, MULTIPLE TRIP, DAN TIME WINDOWS (studi kasus PT Pertamina Depot Rewulu Yogyakarta)

Nugroho, Satrio Mulyo (2018) ANALISIS DISTRIBUSI BBM MENGGUNAKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MEMPERTIMBANGKAN HETEREGENEOUS FLEET, SPLIT DELIVERY, MULTIPLE PRODUCT, MULTIPLE TRIP, DAN TIME WINDOWS (studi kasus PT Pertamina Depot Rewulu Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Pertamina Yogyakarta bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan BBM, khususnya wilayah Yogyakarta. Distribusi dilakukan dengan menggunakan tiga jenis kendaraan yaitu kendaraan berkapasitas 32 kl, 24 kl dan 16 kl. Dalam menentukan rute distribusi, operator memilih SPBU berdasarkan order pertama dan jenis kendaraan yang ditentukan berdasarkan kemampuan kendaraan melakukan manuver di SPBU tersebut. Penentuan rute belum mempertimbangkan waktu yang mempengaruhi distribusi seperti rata-rata kencapatan, waktu loading, waktu discharging serta adanya batasan waktu penyelesaian tur. Sehingga saat permintaan tinggi distribusi BBM mengalami keterlambatan sebanyak 3 SPBU dari 29 SPBU pada cluster I. Penelitian ini menganalisis distribusi BBM pada 17 Mei 2018 pada cluster 1 untuk produk Premium dan Bio-Solar. Dalam menentukan rute distribusi dan waktu distribusi menggunakan metode VRP dengan mempertimbangkan Heteregeneous Fleet, Split Delivery, Multiple Product, Multiple Trip dan Time Windows. Perhitungan dilakukan dengan cara squential insertion dimana pelanggan terpilih berdasarkan CT terkecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pengolahan didapatkan bahwa pelanggan yang terlambat berkurang menjadi 1 dari 3 pelanggan yang terlambat. Total jarak tempuh berkurang menjadi 693,3 km dari 701,5 km. Total waktu penyelesaian tur berkurang menjadi 71,819 jam dari 81,819 jam. Serta biaya distribusi bertambah menjadi Rp 20.754.119.875,00 dari Rp 18.511.210.625.00. Kata Kunci: Distribusi, VRP, Squential insertion, PT Pertamina, BBM, Premium, Bio-Solar, heteregeneous fleet, split delivery, multiple product, mutliple trip, tiwe windows

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:47
Last Modified: 05 Dec 2018 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item View Item