KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP BATUBARA DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE BHARINTO EKATAMA BIANGAN KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

PUTRA, WAYAN GDE YUDI KUSUMA (2018) KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP BATUBARA DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE BHARINTO EKATAMA BIANGAN KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Pamapersada Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor pertambangan yang memiliki kerjasama operasional pertambangan dengan PT. Bharinto Ekatama Biangan yang terletak di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Kegiatan pengupasan lapisan penutup saat ini dilakukan menggunakan Backhoe Komatsu PC 1250 sebagai alat muat, dan Dumptruck Komatsu HD 785 sebagai alat angkut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat produktivitas dari masing-masing alat untuk bisa mencapai target produksi yang telah ditetapkan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi pengupasan lapisan penutup sebesar 200.000 bcm/bulan. Produksi yang dapat dihasilkan alat muat adalah sebesar 185.018,24 bcm/bulan dan 2 unit alat angkut sebesar 130.688,32 bcm/bulan. Terdapat faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi produksi, sehingga diperlukan kajian terhadap faktor penghambat agar target produksi dapat tercapai. Data yang diambil berupa waktu edar alat muat, waktu edar alat angkut, faktor pengembangan, faktor pengisian mangkuk, geometri jalan, hambatan kerja, dan spesifikasi alat mekanis. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi pengupasan lapisan penutup dapat tercapai yaitu dengan meningkatkan waktu kerja sehingga efisiensi kerja alat meningkat dan mengoptimalkan waktu edar alat. Efisiensi kerja alat muat meningkat dari 65,00% menjadi 67,08%, dan efisiensi pada alat angkut meningkat dari 63,19% menjadi 66,66%. Waktu edar alat muat setelah dilakukan perbaikan dari 30,5 detik menjadi 28 detik, dan waktu edar alat angkut dari 671 detik menjadi 586 detik. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif, waktu edar alat dan penambahan 1 unit alat angkut, kemampuan produksi sebesar 207.991,36 bcm/bulan untuk alat muat dan 236.796,32 bcm/bulan pada alat angkut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:54
Last Modified: 03 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item