USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA PROSES PENGUPASAN KULIT ARI KACANG HIJAU MENGGUNAKAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PEKERJA (Studi kasus di UKM Bakpia Mino Midah 703, Sleman, Yogyakarta)

Nugroho, Dwianto Wahyu (2018) USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA PROSES PENGUPASAN KULIT ARI KACANG HIJAU MENGGUNAKAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PEKERJA (Studi kasus di UKM Bakpia Mino Midah 703, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER DRAFT DAN COVER DALAM (DWIANTO).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL DWIANTO.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK DWIANTO.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

UKM Bakpia Mino Midah 703 merupakan UKM yang bergerak dibidang makanan, berlokasi di sentra Bakpia Minomarani, Sleman, Yogyakarta. Proses pembuatan Bakpia varian isi kacang hijau memiliki 3 tahap yaitu pengupasan kulit ari kacang hijau, pencampuran bahan, pembuatan kulit Bakpia. Pada Proses pengupasan kulit ari kacang hijau UKM masih melakukannya dengan cara manual dengan waktu kurang lebih 60 menit. Hal tersebut membuat pekerja mengeluh merasa lelah serta kehilangan konsentrasi saat bekerja, suhu lantai produksi yang mencapai 38º yang disebabkan oleh proses pemanggangan juga dikeluhkan pekerja,selain itu intensitas cahay di lantai produksi terbilang cukup rendah dengan rata-rata 43 lux. Dengan kondisi tersebut pekerja mengalami kelelahan yang akan menimbulkan berkurangnya produktivitas dalam berkerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan sistem kerja pada UKM Bakpia Mino Midah 703 dengan menggunakan metode macroergonomic analysis and design (MEAD) terhadap produktivitas pekerja. Keluhan dan kondisi fisik lingkungan didapatkan dari hasil kuesioner kepada pekerja UKM selaku responden serta dibuktikan dengan mengukur langsung kondisi lingkungan fisik UKM. Kemuddian dilakukan analisis perbaikan sistem kerja dengan sepuluh langkah MEAD. Hasil dari analisis MEAD untuk meningkatkan produktivitas pekerja adalah dengan didapatkannya faktor kunci yaitu kondisi pekerjaan. Alternatif terpilih berdasarkan varian kunci yaitu pengadaan fasilitas di lantai produksi UKM dengan alternatif merancang mesin pengupas kulit ari kacang hijau yang ergonomis. Didapatkan hasil rancangan alat yaitu ketinggian alat dengan ukuran 105 cm, ketinggian wadah penampung 55 cm, panjang alat pengupas 68 cm, dan kedalaman/panjang dari wadah baskom 13 cm. Pengukuran denyut nadi sebelum dan sesudah yaitu sebesar 60,59% dan 11,48 % dengan tingkat percepatan waktu produktivitas saat mengupas kulit ari kacang hijau mencapai 14 menit atau berdasarkan prosentase sebesar 29,55% dengan dibandingkan mengupas kulit ari kacang hijau secara manual membutuhkan waktu 48 menit dan didapatkan selisih waktu mencapai 34 menit. Kata kunci : Sistem kerja, Macroergonomic Analysis and Design (MEAD), Produktivitas, kelelahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:22
Last Modified: 03 Dec 2018 03:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17453

Actions (login required)

View Item View Item