PENJADWALAN FLOW SHOP DENGAN ALGORITMA PALMER’S DAN NAWAZ ENSCORE HAM (NEH) (Studi kasus di PT Budi Manunggal, Yogyakarta)

Murti, Kristanto Deo (2018) PENJADWALAN FLOW SHOP DENGAN ALGORITMA PALMER’S DAN NAWAZ ENSCORE HAM (NEH) (Studi kasus di PT Budi Manunggal, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Budi Manunggal merupakan perusahaan di Yogyakarta yang bergerak di bidang industri sarung tangan golf yang memiliki karakteristik Make to Order Flowshop. Perusahaan sering mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan konsumen secara tepat waktu. Masalah ketidaktepatan jadwal pengiriman pesanan tersebut disebabkan oleh jadwal produksi yang tidak tepat atau perusahaan tidak melakukan estimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi order dan juga tidak mengestimasi kapan order tersebut selesai diproduksi dan dapat dikirim ke konsumen pada saat kedatangan order. Hal tersebut yang menyebabkan due-date yang dijanjikan kepada customer tidak sesuai dengan kemampuan produksi perusahaan sehingga mengakibatkan terjadinya keterlambatan atau makespan yang terlalu besar dari due-date yang telah dijanjikan pada costumer. Penelitian ini membahas mengenai penjadwalan produksi sarung tangan golf pada PT Budi Manunggal pada bulan April 2018. Penjadwalan produksi dengan metode Palmer’s dan Nawaz Enscore Ham (NEH) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi makespan yang berlebih yang dapat memperlambat due-date. Metode tersebut cocok digunakan pada perusahaan ini mengingat bahwa kendala yang dihadapi adalah sering terjadi keterlambatan produksi karena ketidaktepatan waktu produksi pada setiap stasiun kerja. Setelah dilakukan perhitungan maka hasil dari perhitungan pada penelitian ini bahwa hasil optimalisasi dari algoritma Palmer’s ke NEH itu yang terbaik dan didapatkan makespan sebesat 333.654 detik atau setara dengan 12 hari. Penjadwalan sarung tangan dengan metode ini mampu memberikan usulan due-date yang lebih cepat dimana produksi akan selesai sebelum due-date yang sudah perusahaan tentukan sebelumnya sehingga dengan metode ini dapat memberikan usulan due-date yang lebih baik bagi perusahaan dan konsumen. Kata kunci : Penjadwalan Produksi, Palmer’s, Nawaz Enscore Ham (NEH)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:24
Last Modified: 03 Dec 2018 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item View Item