PENENTUAN JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERAWATAN PADA MESIN ROLL PLAT SERTOM ITALY (Studi Kasus di PT Basuki Pratama Engineering Jakarta Timur)

Armando Bhongu Gani, Yohanes (2018) PENENTUAN JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERAWATAN PADA MESIN ROLL PLAT SERTOM ITALY (Studi Kasus di PT Basuki Pratama Engineering Jakarta Timur). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI baru.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penentuan jadwal preventive maintenance untuk meminimasi total biaya perawatan. Masalah yang dialami di perusahaan adalah, jumlah kerusakan yang cukup banyak dalam waktu yang singkat sehingga menyebabkan total biaya perawatan meningkat. Kerusakan-kerusakan ini disebabkan karena penggunaan mesin produksi kadang lembur dengan kedaan umur mesin yang sudah cukup tua, dan juga interval waktu pearwatan aktual perusahaan yang lama. Sehingga interval waktu perawatan yang optimal sangat diperlukan agar dapat mengurangi frekuensi kerusakan mesin dan peralatan produksi. Pengujian data dilakukan menggunakan Distribusi Weibul dua parameter, yaitu para meter skala (α) dan para meter bentuk (β). Setelah diperoleh nilai parameter distribusi Weibull dari mesin maka kemudian mencari fungsi kepadatan kemungkinan kerusakan, fungsi kumulatif, fungsi kehandalan dan fungsi laju kegagalan. Dengan diketahui nilai dari fungsi parameter Distribusi Weibull, maka akan dapat dihitung selang waktu perawatan yang optimal, untuk mendapatkan tingkat avaibilitas yang optimal, dan total biaya perawatan yang minimum, dan diperoleh bahwa selang waktu perawatan yang tepat untuk mesin Roll Plat adalah 76 jam yang menyebabkan ongkos total perawatan minimum sebesar Rp 16.482,-/ jam. Selang waktu perawatan tersebut memberikan hasil performansi yang lebih baik pada kegiatan mesin Roll Plat dengan nilai avaibilitas 0,815%. Kata kunci : Perawatan, total biaya perawatan, distribusi weibull, selang waktu perawatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Nov 2018 06:52
Last Modified: 28 Nov 2018 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item