POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT SAMIN DENGAN MASYARAKAT SEKITAR DALAM ACARA SURANAN (Studi Kasus di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah)

Sari, Johanna Afritska Sukma (2018) POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT SAMIN DENGAN MASYARAKAT SEKITAR DALAM ACARA SURANAN (Studi Kasus di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Samin menganut ajaran yang ditinggalkan oleh para leluhurnya, yang dikenal dengan Sedulur Sikep yang mempunyai suatu tradisi yang setiap tahun dilakukan yaitu tradisi Malam Suranan. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati para pendahulu-pendahulu yang telah tiada. Tradisi ini biasanya dilaksanakan pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Pon bulan Suro. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi masyarakat Samin dengan masyarakat sekitar dalam acara Suranan dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial antara masyarakat Samin dengan masyarakat sekitar dalam acara Suranan. Teori yang digunakan yaitu teori interaksionisme simbolik. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini antara lain, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif. Uji keabsahan data dengan uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi masyarakat Samin dengan masyarakat sekitar dalam acara Suranan di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggunakan dua pola komunikasi yaitu pola komunikasi sentral dan pola komunikasi Gethok tular (pesan berantai). Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial antara masyarakat Samin dengan masyarakat sekitar dalam acara Suranan antara lain: 1). Faktor kesamaan budaya, 2). Faktor situasi social, 3). Faktor saling menghormati. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Masyarakat Samin, Interaksionisme Simbolik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Nov 2018 04:35
Last Modified: 23 Nov 2018 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item View Item