PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI GALON MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS (Studi kasus di CV Mitra Mulia Kalasan)

Permadi, Rizki Anggar (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI GALON MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS (Studi kasus di CV Mitra Mulia Kalasan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Mitra Mulia Kalasan adalah perusahaan distribusi air mineral dalam kemasan (AMDK) bermerek Aqua yang bertugas mengirimkan produk jenis galon ke daerah Kab. Klaten, terdapat kurang lebih 2100 pelanggan seperti toko dan grosir. Proses distribusi terbagi menjadi 9 tim menggunakan kendaraan truk engkel dengan kapasitas kendaraan mampu mengangkut 210 galon, masing-masing tim melayani ± 40 pelanggan dan sudah memiliki pelanggan tetap setiap harinya. Penelitian ini membahas mengenai perancangan software Clarke and Wright Savings dikarenakan perusahaan menginginkan dukungan sistem yang mampu menyusun rute dan jadwal distribusi dengan waktu yang singkat serta dapat meminimasi jarak dan biaya distribusi di CV Mitra Mulia Kalasan. Dalam proses perancangan software digunakan metode SDLC Waterfall, dan penelitian analitis yang yg digunakan adalah algoritma Clarke and Wright Savings guna meminimasi jarak serta biaya transportasi. Hasil software Clarke and Wright Savings kemudian dijadikan dasar dalam penyusunan rute dan jadwal distribusi pada perusahaan. Hasil dari penelitian dilakukan pengujian software dan implementasi perhitungan data tim Huda-Senin menggunakan Software Clarke and Wright Savings dan manual. Pengujian fungsional software menunjukan valid yang artinya fungsi dari keseluruhan software baik kemudian hasil perhitungan yang dilakukan menunjukan penghematan jarak dan biaya yang terjadi antara software dan perhitungan manual 21.4% yang berarti perhitungan menggunakan Software Clarke and Wright Savings lebih baik. Kata kunci: software, Clarke and Wright Savings, SDLC Waterfall, Rute dan Jadwal, Distribusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:34
Last Modified: 23 Nov 2018 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item