SEGMENTASI CITRA URBAN HEAT ISLAND BERDASARKAN STUDI PENGOLAHAN CITRA SATELIT LANDSAT 8 SEBAGAI REKOMENDASI PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU TATA RUANG KOTA

FAJARMANTO, DZIKRI (2018) SEGMENTASI CITRA URBAN HEAT ISLAND BERDASARKAN STUDI PENGOLAHAN CITRA SATELIT LANDSAT 8 SEBAGAI REKOMENDASI PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU TATA RUANG KOTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-123130177-DZIKRI-FAJARMANTO.pdf] Text
SKRIPSI-123130177-DZIKRI-FAJARMANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Urban Heat Island adalah fenomena perbedaan suhu suatu wilayah yang menunjukkan anomali suhu lebih tinggi dibanding daerah sekitarnya. Pada daerah perkotaan, perbedaan suhu Urban Heat Island dapat mencapai 12ºC diatas suhu normal. Ketinggian suhu ini berpengaruh pada iklim perkotaan, tingkat kenyamanan kota serta kualitas udara perkotaan. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan Ruang Terbuka Hijau sebagai mitigasi fenomena Urban Heat Island dalam upaya pemeliharaan lingkungan dan tata ruang kota.
Dalam menyusun arahan pengembangan Ruang Terbuka Hijau, diperlukan mekanisme identifikasi area Urban Heat Island. Melalui pengolahan citra satelit, area Urban Heat Island dapat diidentifikasi berdasarkan estimasi suhu permukaan yang diperoleh dengan pengolahan citra satelit Landsat 8. Suhu permukaan suatu wilayah dapat diestimasi, memanfaatkan citra Thermal Infrared Sensor pada citra satelit Landsat 8 dengan Split Window Algorithm. Citra suhu permukaan hasil estimasi kemudian di segmentasi dengan Fuzzy C-Means Clustering untuk mengidentifikasi area Urban Heat Island.
Data yang digunakan untuk mengukur suhu permukaan adalah citra satelit Landsat 8 path 120 row 65 dengan tanggal perekaman 5 Mei 2018. Suhu tertinggi hasil estimasi suhu permukaan adalah 46.2328ºC, sementara suhu terendah adalah 29.3597ºC. Hasil dari segmentasi citra suhu permukaan menunjukkan area Urban Heat Island dengan suhu rata-rata tinggi teridentifikasi di pusat perkotaan Kota Yogyakarta. Penelitian mengenai identifikasi area Urban Heat Island ini menghasilkan peta area Urban Heat Island yang akan digunakan sebagai rekomendasi pengembangan Ruang Terbuka Hijau.
Kata kunci : Urban Heat Island, Ruang Terbuka Hijau, citra satelit Landsat 8, Split Window
Algorithm, Fuzzy C-Means Clustering

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Nov 2018 07:24
Last Modified: 07 Feb 2023 06:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item